March 12, 2020

Alfaruq Al Jundi dan Defina Aura Terpilih Sebagai Duta GenRe Tanah Datar 2020


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Setelah melalui seleksi ketat dan masa karantina, akhirnya Alfaruq Al Jundi dan Defina Aura terpilih sebagai Duta GenRe Tanah Datar 2020 sekaligus mewakil Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatera Barat. Pengumuman Pemenang dilaksanakan pada malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Tanah Datar yang digelar di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu malam , 11 Maret 2020 kemaren.

Ajang yang berlangsung meriah dan semarak ini  dikuti oleh 40 pasang peserta dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIKRM) se Kabupaten Tanah Datar.

Sementara untuk Runer Up diraih Yoga  Fernanda Putra dan Hafizatul khaira, Runner Up 1  Azmi Muzamil dan Mutiara Matrathur Rahmi, Duta Top 5 Qadri Alwahid  dan Melhania  Ramadhani Putri, Duta Top 5 Ilham Akbar dan Noor Hanani, Duta Berbakat M. Ikbal dan Natasya Dinda Boyula, Duta Favorit Fikri Wahyudi dan Mihtahur Rahma, Duta Fotogenic Haviz dan Puti Bungsu, Duta Kepemimpinan Fiki Wahyudi dan Fira Saswita serta  Duta Hafidzh Mihtahul Aditiya dan Ghevira Nahdatul Jannah.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala  Dinas PMDPPKB Nofenril dalam laporannya menyampaikan pemilihan duta GenRe bertujuan meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku yang positif, berkarakter dan berintegritas di kalangan kampus/sekolah maupun masyarakat sekaligus mempromosikan program GenRe.

Disebutkannya sasarannya yaitu remaja/mahasiswa yang berumur 16-22 tahun baik yang masih sekolah maupun mahasiswa maksimal duduk di semester IV yang akan menjadi agen perubahan mengkampanye minimal 3 slogan atau yang dikenal Triad KRR. Peserta Genre pada tahun ini dibatasi terdiri dari 80 orang atau 40 pasang.

Lebih lanjut Nofenril menyebutkan sebelum pelaksanaan Grand Final telah melalui  beberapa rangkaian kegiatan yaitu audisi, technical meting dan karantina. Slogan GenRe yakni tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba dengan tema “Melalui Pemilihan Duta Genre Kita Wujudkan Remaja Unggul Sumbar Hebat Menuju Bonus Demografi Dan Indonesia Emas’.

Sementara Bunda GenRe Sumatera Barat Ny. Emi Irdinansyah menyambut baik kegiatan pemilihan duta GenRe. "Kegiatan ini bernilai positif untuk terbentuknya generasi masa depan sehat dan berkualitas," sebut Ny. Emi Irdinansyah.


"Semoga akan tumbuh subur kelompok GenRe di Tanah Datar, yang akan menjadi contoh bagi teman sebaya bagaimana menjadi generasi yang sehat, cerdas dan ceria serta membawa pengaruh positif di lingkungannya," tambahnya.

Kepala Perwakilan  BKKN Sumbar yang diwakili Sekretaris Yusnani mengapresiasi GenRe Tanah Datar. "GenRe Tanah Datar tergolong aktif mengkampanye program GenRe di kalangan kampus dan sekolah," puji Yusnani

Lebih lanjut Yusnani berharap dengan terlaksananya pemilihan Duta GenRe, masyarakat khususnya generasi muda semakin mengetahui dan memahami sepenuhnya program-program GenRe dan semakin bertambah munculnya kelompok PIK Remaja dan Mahasiwa baru yang aktif menularkan “virus-virus” postif.

Yusnani juga menekankan bahwa Pemilihan Duta Genre akan memberi kontribusi positif  yang melahirkan  generasi muda yang produktif dan kreatif, bonus demografi tahun 2020 di Indonesia benar-benar akan menjadi “bonus” bukan “beban” demografi bagi negara ini.

Pada tahun ini BKKBN Sumbar sedang mengkampanyekan slogan sesuai dengan generasi milenial yaitu “Berencana Itu Keren”.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum Nuryeddisman  menyambut baik program GenRe yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan kualitas generasi muda.

"Pemerintah daerah sangat konsen terhadap peningkatan kualitas SDM khususnya generasi usia muda," tegas Nuryeddisman.

Nuryeddisman berharap ke depannya pelajar Tanah Datar menyadari pentingnya menjaga kualitas diri untuk meraih masa depan yang cerah. 

“Dengan tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba, sejalan dengan program Pemerinatah Daerah yang sangat konsen dan komit  terhadap penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’’ jelasnya. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!