Breaking News

March 22, 2020

Anggota DPRD Pasbar Wasman, S.Sos Serap Aspirasi Masyarakat 'Luhak Nan Duo'

FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Reses atau Masa Reses adalah masa di mana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok untuk menjemput aspirasi warganya.

Sebagai anggota DPRD Kabupaten Pssaman  Barat yang terpilih pada Pileg 2019 lalu,  Wasman,S.Sos mengundang pemerintah Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo dan tokoh masyarakat, pemuda setempat terkait menyerap aspirasi warganya di dapil II.

"Sebagai wakil rakyat yang diamanahkan, Saya berharap ada masukan dari masyarakat saya untuk disampaikan nanntinya di DPRD," kata Wasman saat mengawali pembicaraannya didepan undangan reses, Sabtu malam (21/03/2020) pukul 21.28 Wib. 

Kegiatan reses yang dilaksanakan di Bandar Irigasi Simpang Tiga Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo tersebut di hadiri langsung oleh Wali Nagari Koto Batu, Zulpiyan SH, dan tokoh masyarakat AZMAN serta beberapa pemuda setempat.

Menurut Wasman, masa-masa reses adalah merupakan masa penting untuk melakukan kegiatan di luar sidang dalam menyerap aspirasi masyarakat, dan kesempatan bagi anggota dewan turun untuk bertemu langsung dengan masyarakat. 


"Saya akan menjabarkan hasil dari suara masyarakat melalui kegiatan reses tersebut, kemudian di rekap dan dibuat laporannya yang nantinya di tunjukkan pada pimpinan dewan. Ini momentum kami bertemu dengan masyarakat secara langsung, dan saya bertekat supaya aspirasi masyarakat bisa terealisasikan selama masa priode ini," kata Wasman.

Wasman berharap apa yang menjadi usulan masing masing perwakilan masyarakat ini nantinya juga dapat disampaikan kembali pada musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan dan tingkat kabupaten.

"InsyaAllah, semua usulan ini akan kami kawal dan mudah mudahan bisa terakomodir,” imbuhnya.

Selain menyerap aspirasi masyarakat, Wasman juga memberikan informasi terkait wabah Corona Virus Deseas (Covid 19) yang saat ini menjangkit dibanyak negara hingga mengganggu aktivitas masyarakat dan memunculkan banyak spekulasi memang tidak dapat dihindari, saat ini Pemerintah serta masyarakat terus berusaha untuk menahan  dan mencegah penyebaran virus ini menjadi lebih masif dan berimplikasi luas. Makanya sosialisasi promosi kesehatan, informasi publik dan cara lain terus digalakkan.          

"Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat untuk hanya mempercayai data yang bersumber dari yang terpercaya (valid), sesuai informasi dari yang berwenang." terangnya. 

Untuk itu Wasman mengajak masyarakat agar tidak mudah percaya begitu saja atas informasi atau berita bohong (hoaks) terkait virus ini.

"Jangan mudah percaya dan jangan cepat menyebarkan berita hoaks. Kalau sumbernya tidak jelas, mari kita bersama-sama menjaga ketenangan sambil berupaya mengantisipasi Covid 19," himbau anggota komisi III DPRD Pasbar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini. 

Ditambahkan Wasman lagi bahwa dalam penanganan Covid 19 sudah ada prosedur tetap (protap) yang harus dilakukan oleh Satuan Tugas yang telah terbentuk, Wasman meminta kepada masyarakat jika ingin mengetahui terkait virus ini bisa menanyakan ke posko Satgas Resmi dan petugas kesehatan yang ada di Puskesmas. 

Sementara Wali Nagari Koto Baru, Zulpiyan,SH dalam sambutannya mengatakan bahwa reses ini selain kewajiban bagi anggota DPRD juga adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat juga sebagai ajang Silaturahmi. Ditambahkannya, masyarakat juga boleh menyampaikan hal-hal di luar usulan pembangunan infrastruktur, terkait hal apapun, silahkan sampaikan saja.

Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat kepada anggota dewan, adalah terkait usulan pembangunan di wilayah tersebut.         

"Setelah disampaikan aspirasi tersebut akan di bawa ke Musrenbang tingkat kabupaten,
makanya manfaatkan moment ini sebaik-baiknya, usulkan aspirasi yang membangun agar wilayah kita bisa maju,” terangnya.(Mukhlis)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!