March 17, 2020

Cegah Penyebaran Informasi Hoaks Terkait Corona, AJO Pasbar Bagikan Selebaran Resmi Dinkes

FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Pencegahan terhadap virus Corona (Covid 19), Anggota Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Kabupaten Pasaman Barat mengajak masyarakat selektif menerima informasi tentang Covid 19 dan tidak mudah terpengaruh informasi hoaks.

Kegiatan yang dilakukan AJO Pasbar itu berupa membagi selebaran cara mencegah dan mengenali Covid 19 serta cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selebara itu dilansir dari informasi resmi  Dinas Kesahatan Provinsi Sumbar dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selebaran itu sengaja di bagikan oleh Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO)  Pasbar agar masyarakat bisa lebih jeli mengenali dan cara mengantisipasi, serta cara mencuci tangan yang baik dan benar hingga tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid 19, dari mereka yang tidak bertanggung jawab.  

Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa titik seperti di beberapa kantor pemerintah khususnya instansi-instansi pelayanan publik dan lampu merah Pasaman Baru serta Bundaran Simpang Empat dan pusat-pusat pelayanan umum lainnya pada hari ini Selasa (17/03). 

Kegiatan ini merupakan sumbangsih Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO)  Pasbar dengan membantu  pihak pemerintah maupun tenaga medis dalam bentu kerja sama dakam mencegah penularan covid 19 di Indonesia. 


Kegiatan membagi-bagikan brosur dan masker ini dilakukan senada dengan yang disampaikan oleh  Dinas Kesehatan ataupun organisasi kesehatan dunia (World Health Organization, WHO) yang antara lain mengeluarkan peringatan edukasi untuk mencegah penularan covid-19 yang dapat dilakukan oleh masing-masing individu, diantaranya adalah Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau bisa juga menggunakan handrub berbasis alkohol, Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu. 

Setelah itu segera buang tisu dan cuci tangan dan Menjaga jarak dengan siapapun yang menderita demam dan batuk, jika menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, dianjurkannya  untuk segera berkonsultasi ke dokter dan ceritakan riwayat kesehatan anda sebelumnya, demikian juga bika berpergian keluar atau ketempat-tempat umum  seperti pasar (terlebih daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus), hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.


Ketua AJO Pasaman Barat M Fadli mengatakan, sosialisasi ini berupa edukasi kepada masyarakat untuk selektif dalam menerima informasi tentang pencegahan hoaks Covid 19. Sebab menurutnys Informasi hoaks ini dinilai bisa menganggu ketenangan masyarakat, dan menyesatkan tentang penyebaran berita Covid 19.

"Kami sebagai jurnalis meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid 19, jika ragu silahkan datangi posko Satgas yang didirkan oleh pemerintah daerah, setempat" himbaunya. 

M Fadli menambahkan, anggota AJO Pasaman Barat berupaya memberikan pemahaman maupun edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan percaya informasi tentang covid 19. 
Ditambahkannya bahwa anggota AJO selain melakukan sosialisasi dengan membagikan brosur juga membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan atau diduga sedang kurang sehat.

"Kami berharap masyarakat lebih bijak menanggapi covid 19 dan bersama sama mencegah penyebaran covid 19," sebutnya.

"Kami meminta jurnalis agar memberikan informasi menyejukkan dan edukatif bagi masyarakat," himbaunya.(Mukhlis)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!