March 9, 2020

Dedi Satria Keluhkan Sistem yang Kurang Berpihak Kepada Rakyat Kecil


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dedi Satria, salah seorang Wiraswasta  di  Tanah Datar, Sumatera Barat tepatnya di Jorong Bukit Gombak, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum mengatakan sangat menyayangkan sistem pemerintahan yang ada yang menurutnya kurang berpihak kepada masyarakat khususnya rakyat kecil.

Hal tersebut disampaikannya kepada fokussumatera.com, hari ini, Minggu, 08 Maret 2020. Wiraswasta asli Payakumbuh ini  sehari-hari  berusaha di bidang konstruksi.


Ia mengatakan, "pada bulan-bulan  permulaan tahun baru seperti skarang ini, bagi saya pribadi selaku wiraswasta kecil sangatlah memberatkan karna tidak ada pekerjaan di bidang konstruksi yang bisa dilakukan, karna selama ini selalu mengandalkan kalau sudah ada proyek-proyek Pemerintah yang biasanya sudah mulai jalan, maka kami sedikit kecipratan pekerjaan, baik itu kuntruksi las maupun bangunan. Kalau tidak ya kami terpaksa serabutan’’ ujar Dedi menyampaikan keluhannya.

‘’Karena kalau di rumah yang sekigus dijadikan tempat usaha boleh dibilang jarang ada orang atau rekanan meminta pertolongan untuk mengerjakan sesuatu. Biasanya saya terima job mulai dari pe ngerjaan bermacam Las, pengecatan, berbagai macam rehab kontruksi, pengerjaan pagar, pengerjaan berbagai bangunan mulai dari dasar sampai pemasangan kuda-kuda jaring aluminium dan pembuatan berbagai macam plang merk serta pembuatan berbagai macam peralatan kantor’’ tambahnya.

Dedi juga menjelaskan masalah permodalan. ‘’Kalau masalah modal yang biasanya kami putarkan uang muka dari kerjaan yang diberikan pada kami, kekurangannya kami meminjam pada teman setelah selesai baru dilunasi. Ya gimana lagi  Pak, beginilah nasib wiraswasta kecil seperti saya ini, karna tak ada Bank yang mau kasih modal untuk pengembangan usaha kami dan lagi kalaupun  ada kami pun takut, nanti gimana melunasinya seandainya proyek rugi atau hanya pulang modal saja. Wah, berabe saya Pak’’ jelasnya.

Dedi berharap kedepannya agar sistem yang ada dan dijalankan oleh pemerintah bisa berpihak dan memperhatikan kepentingan masyarakat, karena bagaimanapun juga usaha/ industri kecil juga merupakan penggerak perekonomian masyarakat di daerah. Dedi juga berharap agar Pemerintah juga memperhatikan pengusaha kecil yang memang benar-benar ada usahanya untuk dapat dibina dan diberikan bantuan baik permodalan ataupun lainnya sehingga bisa berkembang menjadi usaha yang lebih besar sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan.Bdengan demikian dapat juga membantu usaha Pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!