March 12, 2020

Diduga Keracunan Ikan Tongkol, Puluhan Warga Talamau Pasbar Dilarikan ke Puskesmas

FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Diduga keracunan ikan Tongkol, kurang lebih sebanyak Lima puluh (50) orang Warga Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat terpaksa dilarikan ke Puskesmas Talu pada, Rabu malam (11/03).

Tiga dari Lima puluh orang tersebut terpaksa dirawat dan dipasang infus. Korban  yang diduga keracunan ikan yang berasal dari beberapa kenagarian di Kecamatan Talamau tersebut hingga pukul 00.20 Wib, Kamis (12/03) masih berada di Puskesmas.

Menurut keterangan beberapa warga, Ikan Tongkol yang diduga berasal dari Sibolga Sumatera Utara tersebut mereka beli di Pasar Talu dan ada juga yang dibeli di Pasar Tinggam Talu, karena hari Rabu adalah hari Pasar Talu, Kecamatan Talamau.

Pihak Puskesmas Talu Bertindak cepat memberikan Pengobatan dan Perawatan, hingga kondisi korban keracunan bisa diatasi.


"Saat ini kondisi Korban Keracunan sudah bisa kita atasi dan sudah tidak begitu mengkhawatirkan lagi, hanya tinggal pemulihan", Ujar Kepala Puskesmas Talu, Sahri Elva, S.S.T.

Akibat keracunan Ikan Tongkol tersebut, beberapa korban merasa Mual, Pusing dan Muntah. Namun sekarang masih bisa diatasi. Hal ini juga sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Sampel Ikannya juga sudah diambil.

"Besok Sampel ikan ini akan kita labor, setelah itu kita baru bisa simpulkan apa penyebabnya sehingga masyarakat yang mengkonsumsi bisa keracunan", jelasnya.

Sementara sampai berita ini diturunkan Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat dan Camat Talamau belum bisa dihubungi.(Mukhlis)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!