March 7, 2020

Gelar 3 Kegiatan Sekaligus di Tanah Datar, Kakanwil Kemenag Sumbar Canangkan 7 Gerakan


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, M.Pd menggelar tiga kegiatan sekaligus di Kabupaten Tanah Datar.  Kegiatan - kegiatan tersebut adalah,  Pertama mengukuhkan pengurus KPPL (Komunitas Penggiat Penulis Literasi) sekaligus meresmikan Pojok Literasi di ruang resepsionis kantor Kementerian agama Tanah Datar. Kedua, Hantar tugas PLT Ka Kakankemenag Tanah Datar yang Baru Drs.H Alizar Chan,M.Ag, sekaligus Serah Terima  Jabatan dengan PLT yang Lama H.Abrar Munanda.M.Ag, dan yang Ketiga, Pembinaan Penyuluh ASN dan Non ASN di Kabupaten tersebut.

Dalam arahannya, Kakanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat, H.Hendri.M.Pd mengatakan, Tanah Datar merupakan pioneer dalam menciptakan pojok Literasi di kantor Kementerian Agama. Serta pembentukan pengurus KPPL, Kakanwil Kemenag Sumbar memberikan apresiasi luar biasa kepada Kemenag Tanah Datar,  dengan gerakan Literasi akan membuka peradaban yang lebih maju untuk masa depan.


Gerakan Literasi yang  akan dicanangkan antara lain adalah; yang pertama, Gerakan tahfizul Quran, yang kedua wakaf 10.000, tahfidz dalam rangka peningkatan pemahaman Alquran dalam usaha membentuk insan madani, yang ketiga, Gerakan wakaf tunai dalam rangka peningkatan kesejahteraan umat, yang keempat, Gerakan zakat, tidak hanya untuk yang PNS saja tetapi juga menyangkut semua masyarakat, yang kelima, Gerakan subuh berjamaah. Didikan subuh, lebih disemarakkan dalam rangka pembentukan karakter anak-anak  usia dini, yang keenam, Gerakan kerukunan ummat  dan yang ke tujuh, Gerakan moderasi agama, tidak taklik buta.

"Ketujuh gerakan ini harus serius digerakkan di Tanah Datar, yang merupakan PR untuk Kakankemenag Tanah Datar yang baru, terutama sekali sebagai ujung tombaknya adalah penyuluh agama, dengan harapan dapat mengembalikan gezahnya, Minang Kabah," ujar Hendri.

Terakhir Kakanwil, mengucapkan terima Kasih atas pengabdian Abrar Munanda.M.Ag yang sudah mengabdi selama 6 bulan. Dan selamat bertugas bagi PLT Yg Baru, H.Alizar Chan. Semoga Kamenag Tanah Datar lebih maju di masa yang akan datang.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!