March 11, 2020

Giat Keltan Balai Janggo Tanah Datar Kembangkan Tanaman Cabe Rawit


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kelompok anak Nagari Balai Janggo yang tergabung dalam Kelompok Tani  (Keltan) Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan Giat Rutin yang dilaksanakan seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu. Kali ini Keltan Balai Janggo sedang mengembangkan Tanaman Cabe Rawit dan Terong.

Dibawah Pimpinan Ketua Dapit, Sekretaris Irwandi, Bendahara Sodiq dan anggota sekitar 15 orang, nampak keseriusan dan kesungguhan Keltan Balai Janggo ini dalam mengembangkan usahanya. Giat yang dilaksanakan hari ini Rabu,  11 Februari 2020 juga didampingi Petugas Penyuluh Lapangan  (PPL) Depi Yuliza beserta Anggota Kelompok diantaranya Dedi Arman.

Menurut Ketua Kelompok Dapit mengatakan bahwa ‘’Kegiatan rutin ini dilakukan setiap hari Rabu, dan kegiatan ini selalu didampingi PPL Depi Yuliza,SP sehingga kegiatan kelompok bisa sesuai juga dengan Program Pemerintah melalui Dinas Pertanian’’ ujarnya.

Dapit menambahkan, ‘’Kegiatan dimulai dari pembersihan, pembibitan, pengolahan pupuk sampai berbuah dan abis masa panen maka diprediksi dalam satu batang tanaman Cabe Rawit dan Terong memakan biaya sekitar 200 rupiah per batangnya’’ tambah Dapit menjelaskan


Hal tersebut dibenarkan juga oleh anggota kelompok Dabain dan Dedi Arman waktu dikonfirmasi di lokasi lahan pertanian kelompok. Sedangkan Sodiq selaku Bendahara mengatakan, ‘’Kalau pupuk di olah sendiri berupa pupuk kompos,melalui permentasi yang sesuai," ujar Sodiq.

Sementara itu Nurhamdi Zahari yang sudah bergaul sehari-sehari  dengan Anggota Kelompok sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilakukan kelompok anak Nagari Balai Janggo ini.’’Karna jarang sekali di saat ini ada anak muda mau bertani, pad aumumnya anak muda mencari kegiatan-kegiatan  di bidang yang lain’’ kata Nurhamdi Zahari yang juga merupakan Pembina Keltan Balai Janggo.

PPL  Depi Yuliza, SP yang juga hadir dalam Giat tersebut menerangkan bahwa bidang usaha Kelompok  Tani Balai Janggo ini  meliputi  Pertanian, Perikanan dan Pangan.

Depi Yuliza berharap Kelompok  anak Nagari ini semakin  maju kedepannya, tetap bersatu dan eksis dan bisa menjadi Kelompok perbandingan sekaligus percontohan  bagi Kelompok tani lainnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!