March 15, 2020

Ketua KAN Baringin Tanah Datar Lewakan 4 Gelar Datuak


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Nagari Baringin kembali melakukan Pengangkatan Gelar Adat. Acara Pengangkatan Gelar Adat  kali ini merupakan yang ketiga kalinya di gelar di Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.  Setelah sebelumnya kegiatan yang sama juga dilakukan pada tahun 2019 yang lalu. Kali ini alek malewakan gelar adat dilaksanakan di Rumah Gadang milik suku Korong Gadang Lantai Batu Nagari Baringin.

Pada acara yang dihelat Sabtu, 14 Maret 2020 ini ada 4 gelar datuk yang dikukuhkan langsung oleh ketua KAN Nagari Baringin N. Dt. Malin Marajo, di antaranya Afrizal dengan gelar Datuk Gapoeng, Rahmat Aliyah Andri dengan gelar Datuk Peto Kayo, Prof. Drs. John Hendri M.S, Ph.d bergelar Datuk Rangkayo Bungsu, ketiganya berasal dari suku Korong Gadang , Nagari Baringin. Sementara satu gelar panghulu dari suku Koto Baranjak dikukuhkan kepada Viko Rahmadan dengan gelar Datuk Lelo Kayo.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH yang sempat hadir pada acara tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap  kegiatan ini .Wabup juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintahan Nagari Baringin.

"Saya atas nama pimpinan daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintahan Nagari Baringin atas terselenggaranya kegiatan ini, karena Nagari Baringin melalui kegiatan ini telah memiliki andil yang sangat beaar dalam mensukseskan visi dan misi daerah terutama dibidang adat dan budaya," ujar Wabup.

"Tidak terbantahkan, keberadaan seorang panghulu dalam suatu kaum di minangkabau mampu menjadi penerang dan panutan bagi kaumnya dan masyarakat lainnya sehingga tidak tertutup kemungkinan apa yang dilarang oleh panghulu akan diikuti oleh seluruh kaumnya, sehingga percepatan pembangunan di bidang SDM akan bisa dilaksanakan dengan baik," kata Wabup.

Wabup juga menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini ke depan akan menjadi program khusus pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dimana pemangku adat akan diberikan perhatian yang sama dengan program prioritas lainnya.


"Kedepan kegiatan adat dan budaya serta keagamaan juga akan lebih kita tingkatkan lagi, sehingga Tanah Datar Luhak Nan Tuo yang selalu kita bangga-banggakan sebagai ranah yang berbudaya bisa terlihat semakin nyata," tambahnya.

Wabup Zuldafri Darma juga mengharapkan para panghulu yang sudah dikukuhkan ini ikut ambil bagian dalam mensukseskan pembangunan baik di tingkat nagari maupun kabupaten Tanah Datar secara umum serta mampu mengayomi anak kemenakannya masing-masing.

Sebelumnya sambutan Ketua KAN Baringin N. Dt. Malin Marajo  mengharapkan kepada panghulu kaum yang telah dilewakan mampu menjalankan sumpahnya serta menjaga ‘Sako dan Pusako’kaumnya.

Dt.Malin Marajo  juga menjelaskan bahwa tiga gelar datuk yang dilewakan dari suku Korong Gadang hari ini adalah mambangkik batang tarandam, sementara satu dari suku Koto Baranjak meneruskan gelar dari mamaknya.

Sementara itu Sekretaris Nagari Baringin Nasrullah berharap para niniak mamak pemangku adat yang telah dikukuhkan dan dilewakan gelarnya bisa berdampingan bersama-sama dengan pemerintah nagari melakukan percepatan pembangunan serta menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

Acara dihadiri oleh  Camat Lima Kaum Hendra Setyawan beserta Forkompimca, Ketua dan pengurus LKAM Tanah Datar, serta undangan lainnya. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!