Breaking News

March 18, 2020

Langkah Dini Atasi COVID-19, Dosen IPA IAIN Batusangkar Ciptakan ‘Hand Sanitizer Aroma Sereh’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar ciptakan alternatif produk penyanitasi tangan (hand sanitizer) dengan kandungan formula potensial beraromakan sereh. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini  penyebaran wabah Corona Virus (COVID-19), yang semakin meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. Kegiatan ini dilakukan hari ini, Rabu, 18 Maret 2020, di Laboratorium MIPA IAIN Batusangkar.

Produk tersebut dikembangkan oleh beberapa dosen IPA IAIN Batusangkar Aidhya Irhash Putra, S.Si.,MP dan Maya Sari, M.Si. Hand Sanitizer ini memiliki kandungan yang lebih ampuh membunuh virus, jamur, dan bakteri dan terutamanya menagtasi wabah Corona Virus (COVID-19). Karya ini didorong atas kelangkaan Hand Sanitizer di pasaran.

Aidhya menyebutkan, ‘’secara formulasi untuk 1 liter hand sanitizer aroma Sereh mengandung Etanol 96% berfungsi zat anti Mikroba, Gliserol 98% berfungsi sebagai pelembab dan Hidrogen Peroksida 3% dapat berfungsi mempertahankan pH dan juga Air steril atau Aquades’’. 

Sedangkan Maya Sari menututurkan ‘’prosedur dalam pembuatannya dapat mengunakan gelas ukur 1000 ml, becker glas, gelas ukuran 50 ml, batang pengaduk dan botol kaca’’. 


‘’Dalam pengunaan Hand Sanitizer menggunakan prosedur sejumlah 833 ml Etanol 96% dimasukan ke dalam gelas ukuran 1000 ml  dan ditambahkan 41,7 ml Hydrogen Peroksida 3% kedalam gelas ukur berisi etanol, selanjutnya 14,5 ml Gliserol 98% juga ditambahkan air 1000 ml dan aduk hingga homogeny, dan ini semua akan kita diamkan selama 72 jam dan akan siap kita gunakan untuk mengatasi wabah Corona Virus (COVID-19) ini. Dan kita juga merujuk pada Badan Pengawas Obat dan Makan dalam Surat Edaran” kata Adhya dan Maya menjelaskan.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengapresiasi hasil kerja dari para dosen IAIN Batusangkar terutama dosen MIPA pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang telah menciptakan hand sanitizer dalam pencegahan dini wabah Corona Virus (COVID-19).

Begitu juga Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang juga dosen MIPA IAIN Batusangkar, produk hand sanitizer yang telah kita ciptakan akan kita pergunakan untuk semua dosen dan karyawan IAIN Batusangkar, terutama kita tarok pada Pinger Print di setiap Fakultas dan Institut. 

‘’Kita juga mendorong para dosen MIPA untuk membuat hand sanitizer lebih banyak dan ini bisa kita bagikan kepada semua dosen dan karyawan IAIN Batusangkar. Harapan kita bisa mengantisipasi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus (COVID-19) khususnya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar’’ tutup Marjon.

Semoga dengan diluncurkannya karya ini dapat membantu masyarakat khususnya Tanah Datar dalam pencegahan dini terhadap  Virus Corona.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!