Breaking News

March 12, 2020

Lomba Gerakan PKK 2020, 5 TP PKK Tanah Datar dinilai Tim Provinsi


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam rangka melakukan pembinaan Tim Penggerak Wakil  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)   di Kabupaten se-Sumatera Barat, Tim Penggerak PKK Sumatera Barat melaksanakan lomba Gerakan PKK tahun 2020. Kegiatan tersebut dilakukan  dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

Berkaitan dengan hal tersebut Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kunjungan ke Tanah Datar untk melakukan Penilaian terhadap 5 TP PKK Nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Wakil Ketua TP PKK Sumbar Ny. Wartawati Nasrul Abit bersama tim mengunjungi Tanah Datar hari ini  Kamis, 12 Maret 2020.

Ny.Wartawati Nasrul Abit beserta rombongan Tim Penilai disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi dan Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah beserta jajaran pengurus TP PKK kabupaten, di Kantor Walinagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab.

Ny. Wartawati mengatakan, kegiatan penilaian lomba tersebut adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Dijelaskannya kategori yang dinilai dalam lomba gerakan PKK adalah tertib administrasi PKK, lomba pola asuh anak dan remaja, penilaian lomba upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), lomba halaman asri teratur indah dan nyaman (Hatinya PKK), dan pelaksanaan IVA test.


"Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik, nantinya akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama," kata Wartawati saat sambutan di Nagari Gurun Sungai Tarab

Selain itu imbuhnya, lomba tersebut juga untuk mempererat silaturahmi dan rasa kebersamaan antar sesama TP PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Yang tidak kalah pentingnya, dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif," katanya.

Senada dengan itu Bupati Tanah datar diwakili Sekretaris Daerah Irwandi, menyebutkan ‘’yang terpenting dalam pelaksanaan lomba gerakan PKK adalah membangun kesadaran tantang program-program PKK ditengah-tengah masyarakat’’.

"10 program pokok PKK hendaknya terimplementasi ditengah-tengah masyarakat, tidak hanya ketika ada lomba gerakan PKK saja, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh kader PKK sendiri," kata Irwandi

Irwandi  berharap agar TP-PKK diisi dan disinkronkan dengan program-program konkrit yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dengan adanya sinkronisasi program dan kerjasama yang baik dengan OPD terkait, kami yakin PKK akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementaraitu, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah mengungkapkan bahwa saat ini Tanah datar diwakili oleh Lima Nagari mengikuti lima program yang dilombakan dalam lomba Gerakan PKK Tahun 2020.

Adapu 5 Nagari L yang dinilai yaitu Nagari Taluak , Kecamatan Lintau Buo Utara kategori Tertib Administrasi;  Nagari Andaleh Baruh Bukik, Kecamatan Sungayang  kategori Pola Asuh Anak dan Remaja;  Nagari III Koto, Kecamatan  Rambatan kategori  Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K);  Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab kategori Hatinya PKK  dan Nagari Jaho, Kecamatan  X Koto kategoro  IVA Test.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Nagari Gurun Ny. Elfi Hanisben sampaikan ekspose kegiatan 'Hatinya PKK' yang telah dilaksanakan di nagari tersebut. Elfi  juga sampaikan, kegiatan yang telah dilaksanakan di nagari gurun telah berjalan baik terbukti dengan pokja I melakukan pemantapan pola asuh anak remaja cinta kasih, goro bersama, yasinan, senam lansia dan pembinaan bagai calon pengantin, Pokja II melakukan pelatihan peningkatan UP2K, memotivasi pentingnya pendidikan dan membuat kerajajinan dari bahan sisa dan Pokja III memberdayakan perilakuk berpakaian, olahan pangan, pemanfaatkan tanah pekarangan .(Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!