March 31, 2020

Pemko Sawahlunto Berikan Bantuan Bagi Warga yang Terdampak Kebijakan Penanganan Covid-19


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Peduli terhadap nasib rakyat, Pemerintah Kota Sawahlunto berikan bantuan Sembako/bahan makanan bagi warga yang memiliki kesulitan ekonomi. Apalagi ditengah-tengah kondisi merebaknya Virus Corona ini.

Bagi Warga yang ekonominya melesu akibat terdampak Kebijakan  Penanganan Covid-19, Pemko Sawahlunto mengambil kebijakan akan membagikan bantuan pangan berupa beras.

Kebijakan terbaru ini dibahas dalam rapat Walikota bersama Gubernur Sumbar dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) terkait Penanganan Covid-19 di Sumatera Barat, Minggu, 29 Maret 2020 kemaren melalui Video ccnference.

Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyebutkan, dalam rapat yang berlangsung lewat Video Conferense tersebut, salah satu yang dibahas adalah solusi terhadap warga yang ekonominya melesu akibat terdampak  dari kebijakan Penanganan Covid-19.

Zohirin juga mengatakan untuk melindungi keselamatan warga dari wabah Covid-19  adalah prioritas Pemerintah saat ini, sehingga Pemerintah  instruksikan seluruh warga untuk tetap di rumah, belajar di rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah.

Diakui Zohirin kebijakan ini telah berdampak pada melesunya ekonomi warga terlebih mereka yang bekerja di sektor informal. 


"Karena itu Pemko Sawahlunto menetapkan rencana akan memberi bantuan bagi warga miskin dan warga yang terdampak ekonominya, berupa beras sebanyak 9 kg/jiwa untuk membantu agar tidak ada warga yang tidak makan" ujar Zohirin.

Dana untuk bantuan beras ini dialokasikan  di APBD, diluar dana Rp 9 Milyar yang telah ditetapkan untuk penanganan covid.

"Saat ini sedang kita rancang prosedur dan aturan untuk pelaksanaan bantuan ini. Dalam waktu dekat, akan ada tim yang mendata siapa saja warga yang ekonominya terdampak dan layak menerima bantuan pangan ini"  papar pamong senior yang pernah menjabat Ketua BAZ dan Ketua Muhammadiyah Sawahlunto ini.

Selain bantuan beras dari Pemko, juga ada bantuan konsumsi bagi lansia kurang mampu yang memang telah dianggarkan setiap tahun oleh Pemerintahan Deri Asta-Zohirin Sayuti. Selain itu juga ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat.

Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam masalah ekonomi, terutama bagi mereka yang permasalahan ekonominya terganggu akibat kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Wabah Covid-19 ini. (Z.Z/Y)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!