March 2, 2020

Ponpes Alhira Gelar ‘ISLAMIC HOLIDAY CAMP’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Gerakan Pramuka merupakan Garda Terdepan dalam Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Pondok Pesantren Alhira yang terlatak di Jalan Raya  Aia Angek X Koto Koto -Bukit Tinggi dibawah Pimpinan Hasridaya, S.Ag (panggilan Akrabnya Ustadz Han) mengambil  peran dalam bentuk Pendidikan Kepramukaan   yang mengambil Tema Islamic Holiday Camp For Peace and Collaboration.

Acara berlangsung dari tanggal 27 s/d  29 Februari 2020 ini dikuti oleh beberapa Sekolah dan Pondok Pesantren se-Regional Sumatera Barat.Acara ini digelar  dengan tujuan untuk saling  berbagi ‘prestasi dan pengalaman’ antara sesama peserta. 

Hal ini diungkapkan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Alhira Hardaya, S.Ag ketika ditemui PPWI Tanah Datar di lokasi kegiatan, Kamis, 27 Februari 2020 lalu. 


Ada yang sangat menarik dari regu peserta ini yaitu adalah mengkolaborasikan berasal dari beberapa Sekolah, sehingga terjalin rasa persaudaraan  diantara sesama peserta. Gugus depan yang ikut berpartisifasi dalam acara Islamic Holiday Camp di Pondok Pesantren Alhira ini adalah SMPN 1 Lintau Buo Utara, SMPN 1 Salimpaung, Pondok Pesantren ALHIRA, MTsN 1 Payakumbuh, Pondok Pesantren Parabek, MTsN 5 Tanah Datar, MTs Bungga Tanjung, SMPN 1 Sungayang, MTs Balimbing dan MTI Malalo.

Hadir dalam acara ini adalah Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat H. Ali Tanjung, Rektor UIN IB Padang DR. H. Eka Putra Wirman, MA, Kwarcab 0304 Tanah Datar diwakili oleh Ardoni Ernanda, M.Ag, Dandim X Koto dan Kamabigus serta Pembina Peserta Islamic Holiday Camp.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah Lomba PBB Kreasi, Smaphore, Pionering, Sandi dan Morse serta Hiking. Acara juga menampilkan beberapa kesenian seperti Pencak Silat, Tari Aceh, Tari kreasi, Puisi dan PBB Koreo dari siswa Pondok Pesantren Alhira ini. Menjadi Pramuka yang pintar, Sholeh, Sehat, kreatif dan menguasai Bahasa Asing.

Sementara Kwarcab  0304 Tanah Datar yang diwakili oleh Ardoni Ernanda, M.Ag memberi Apresiasi kepada Pondok Pesantren Alhira yang telah membawa harum nama Kwarcab ke Kancah Nasional, karena satu-satunya Pondok Pesantren Pramuka di Indonesia. Dan perlu kita dukung bersama, kemudian akan mencoba mengambil Konsep Islamic Holiday Cam For Peace and Collaboration dalam Kegiatan perkemahan di Gugus Depan dan Kwartir.
Kemudian Rektor UIN IB Padang  DR. H. Eka Putra Wirman, MA dalam sambutannya mengingatkan peserta bahwa pesantren adalah tonggak awal  persaudaraan berdirinya  Bangsa Indonesia.

Sementara Anggota DPRD Propinsi mengajak Santri Pondok Pesantren untuk meninggikan Cita-cita dan mengupdate setiap waktu. Dan tetap menjalin Persaudaraan setelah tamat dan perbanyak bersyukur dalam setiap hari dan napas kehidupan. 

‘’Karenadengan sering bersyukur Insyaa Allah rizki akan datang dan bertambah tanpa kita sangka - duga. Dan yang terpenting tetap menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa’’ kata H.Ali Tanjung dalam Penutupan kegiatan ini. .(ppwi-td-ard/Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!