March 10, 2020

Selaraskan Program Kegiatan Pembangunan Daerah, Pemda Tanah Datar Gelar FPD


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar, Irwandi mewakili Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan bahwa Forum Perangkat Daerah  (FPD) harus mampu menyelaraskan Program/Kegiatan Pembangunan Daerah. FPD merupakan kegiatan strategis guna membahas rencana kerja Perangkat Daerah dengan memperhatikan program prioritas, usulan program, kegiatan yang telah dibahas dan disepakati pada saat musrenbang Kecamatan.

Hal tersebut disampaikannya pada  saat membuka acara Forum Perangkat Daerah (FPD) Tahun 2020, yang digelar di Aula Kantor Bupati, Batusangkar, Selasa (10/3/2020).

Irwandi menjelaskan terlaksananya FPD  tahun 2020 ini  bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan serta sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

“Forum Perangkat Daerah ini salah satu rangkaian proses penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Tanah Datar tahun 2021 untuk menjawab dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh daerah,” ujar Irwandi.

Di kesempatan itu Irwandi juga mengutarakan bahwa kondisi di tahun terakhir RPJMD Kabupaten Tanah Datar tahun 2020 ini, telah banyak keberhasilan tercapai dan dirasakan langsung oleh masyarakat, dapat dilihat dari indikator ekonomi yang secara umum mengalami peningkatan serta perbaikan di setiap tahunnya.


“Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan pembangunan masyarakat di berbagai sektor, untuk percepatannya kerjasama dari seluruh perangkat daerah sangat diperlukan guna mewujudkan sikronisasi di setiap program dan kegiatannya,” ujar Irwandi.

Dalam rangka kesinambungan pembangunan di tahun 2021 mendatang telah ditetapkan juga tema pembangunan yakni “Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah dan kualitas sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik”.

Dengan prioritas pembangunan yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan pembangunan pertanian, pengembangan pariwisata, peningkatan pelayanan publik dan penanggulangan bencana alam serta pelestarian lingkungan hidup.

Sementara itu, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah melaporkan bahwa kegiatan Forum Perangkat Daerah tahun 2020 dilaksanakan selama 2 hari, dibagi dibeberapa tempat Aula Kantor Bupati, Aula eksekutif kantor Bupati dan Aula Baperlitbang kabupaten Tanah Datar.

“Peserta dilibatkan ke dalam sidang kelompok dikemas dalam bentuk paparan dan diskusi yang terbagi kedalam 4 kelompok, masing-masing kelompok tergabung dalam bidang ekonomi, bidang sosial dan budaya A, bidang sosial dan budaya B dan kelompok fisik prasarana,” ujar Alfian.

Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Asisten Ekobag Edi Susanto, Staf Ahli Bupati Bidang Poltik, Hukum dan Pemerintahan Nuryeddisman, Kepala Perangkat Daerah serta Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.(Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!