March 16, 2020

Tanggap Covid-19, IAIN Batusangkar Terapkan Perkuliahan Sistem Daring atau e-Learning


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Isu Coronaviris (Covid-19) yang mewarnai pemberitaan berbagai media masa, baik di dalam negeri maupun di luar negeri akhir-akhir ini semakin menjadi polemik yang meresahkan masyarakat. Tidak hanya di Cina, negeri yang notabene menjadi asal-usul penyebaran Covid-19, namun isu penyebaran Covid-19 telah mewarnai beberapa belahan dunia termasuk Indonesia. Bahkan di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat masyarakat pun sudah mulai meresahkan adanya virus tersebut.

Sebagai wujud tanggap Covid-19, IAIN Batusangkar telah menerapkan Sistem Perkuliahan ‘Daring atau e-learning. Hal tersebut dilakukan setelah ditetapkannya infeksi Novel Coronavirus sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah maka perlu dilakukan tindakan penanggulanganan serta pencegahannya di lingkungan IAIN Batusangkar.

Untuk mencegah penyebaran wabah covid-19 di lingkungan kampus, Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengeluarkan Surat Edaran nomor B-691/In.27/R/HM.00/03/2020 tertanggal 16 Maret 2020. Salah satu poinnya mengganti kegiatan perkuliahan tatap muka di kampus dengan kegiatan perkuliahan ‘Daring atau e-learning’ terhitung tanggal 16 - 29 Maret 2020. 

Surat Edaran Rektor ini berdasarkan, Pertama Keputusan Menkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tahun 2020 tentang Penetapan Infeksi Coronavirus sebagai penyakit yang menimbulkan wabah dan upaya penanggulangannya.


Kedua Surat edaran Menteri Agama RI No 13 Tahun 2020 tentang kewaspadaan dini, kesiapsiagaan serta tindakan antisipasi pencegahan Covid-19 di lingkungan kementrian agama. Dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No 657/03/2020 tentang upaya pencegahan penyebaran covid-19 dilingkungan PTKI.

Dalam edaran tersebut juga disebutkan bahwa seluruh kegiatan akademik dan non akademik yang melibatkan interaksi dengan banyak orang ditiadakan, seperti kegiatan PPL, KKN, Magang, Praktikum, Seminar, Ujian, yang melibatkan interaksi dengan banyak orang.

Disamping itu Kasmuri mengatakan melalui Surat edaran Menteri Agama RI, seluruh kegiatan perjalanan dinas ditunda, kecuali untuk perjalanan yang sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Dan yang akan di lakukan dalam waktu dekat ini adalah kegiatan wisuda untuk periode Maret 2020 ditunda sampai batas waktu yang akan ditentukan kembali. 

Sedangkan untuk dosen dan tenaga kependidikan IAIN Batusangkar tetap melaksanan tugas administrasi maupun kegiatan tri dharma perguruan tinggi sebagaimana biasa, dengan mengutamakan kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai macam indikasi yang menunjukkan gejala infeksi Novel Coronavirus, menghindari kontak langsung dengan orang yang terindikasi, melakukan tindakan pencegahan dini dengan selalu membersihkan tangan menggunakan alat pembersih yang sesuai dengan standar kesehatan dan yang paling utama tetap tenang dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga dengan upaya yang dilakukan ini masyarakat Tanah Datar, khususnya warga IAIN Batusangkar terhindar dari wabah Covid-19 (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!