Breaking News

March 17, 2020

Tanggap Covid-19, Pemko Sawahlunto Bentuk Tim Khusus


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Permasalahan Coronavirus (Covid-19) sudah semakin meresahkan dan menjadi momok yang sangat mengerikan dalam masyarakat. Ditambah lagi pemberitaan di media masa yang menyatakan semakin menyebarnya Covid-19, tidak hanya di luar negeri tetapi juga di dalam negeri, bahkan sampai ke daerah-daerah di Indonesia.

Tanggap Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto bentuk Tim  Khusus Cegah Corona. Selain itu posko Crisis Center juga disediakan Pemko Sawahlunto untuk mencegah dan mendeteksi Corona. 

"Kita membentuk tim cegah Corona. Pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar sudah minta posko Krisis Center ini dilengkapi alat pendeteksi Corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Sawahlunto, Yasril, Selasa 17 Maret 2020.

Ia mengatakan,  posko Crisis Center didirikan di Gedung Public Service Center, Sungai Durian, persisnya dekat Kantor Samsat. Langkah ini dilakukan untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 atau Corona. 

Dikemukakan Yasril, antisipasi dilakukan secara sosialisasi kesehatan agar warga Sawahlunto dilindungi dari virus Covid-19. Selain itu, bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memantau orang dari luar negeri masuk ke Sawahlunto. 


"Sampai saat ini belum ada laporan orang dari luar negeri masuk ke Sawahlunto. Kalau ada menjadi daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP)  tim Dinas Kesehatan dan harus menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Yasril.

Lebih lanjut Yasril menjelaskan, bagi warga yang sedang flu, pilek, batuk dan demam diminta untuk memakai masker. Warga kota diajak selalu menjalani pola hidup sehat. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Ajakan itu dilakukan sebelum dan setelah beraktifitas.

Yasril juga mengajak warga mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kekebalan tubuh meningkat. Jaga jarak dengan orang sedang batuk dan influenza. Hindari tempat keramaian serta tidak sembarangan memegang benda asing di tempat umum. Kemungkinan benda  dipegang sebelumnya terkena cairan flu batuk orang lain.

Dengan adanya tindakan antisipasi Cegah Corona ini, diharapkan Masyarakat khususnya Kota Sawahlunto dapat terhindar dari bahaya Covid-19, dan semoga bencana/ujian Covid-19 ini dapat segera berakhir.  (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!