March 4, 2020

Teh Telur Campur Madu Ala Nagari Tanjung Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Teh Telur/ Teh Talua  adalah minuman khas Sumatra Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Bagi masyarakat Minangkabau Teh Talua dipercaya sebagai minuman panambah stamina.

Hal tersebut disampaikan M.Rafi dan Dedi Satria kepada fokussumatera.com, Selasa 03 Maret 2020. 

Ternyata ‘’Teh Talua/Teh telur’’ bukan hanya sekedar memiliki rasa yang enak dan digemari kebanyakan orang, tetapi mempunyai khasiat yang luar biasa," ujarnya.

Diantaranya  khasiat besar Teh Talua adalah, Yang pertama Menambah Tenaga. Teh talua memiliki manfaat yang sangat besar dalam menambah tenaga. Apalagi buat orang-orang yang memiliki banyak aktivitas dan pekerjaan yang berat. Sebelum bekerja kamu dapat minum teh talua untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga, serta agar tidak mudah lelah. Selain itu, kandungan teh dan telur juga bisa diminum setelah beraktivitas dan bekerja berat untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah habis saat melakukan pekerjaan tersebut. Dengan kemudahan membuatnya dan tidak mengandung bahan kimia, teh talua menjadi alternatif tepat sebagai minuman penambah energi.

Yang kedua, Menjaga Kesehatan Mata, manfaat satu ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Kandungan zat karotenoid pada teh talua memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata. Berbagai gangguan penglihatan mata bisa diatasi oleh zat karotenoid ini. Bahkan, meminum teh talua juga bisa menurunkan risiko penyakit katarak yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kebutaan. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi teh talua secara teratur untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Yang ketiga, Meningkatkan Stamina Pria. Teh talua sangat bermanfaat bagi pria dewasa dalam meningkatkan stamina dan keperkasaan dalam hubungan suami-istri. Jadi bagi pria dewasa yang sudah menikah, kamu bisa mengonsumsi teh talua sebelum melakukan hubungan suami-istri.


Yang keempat, Menunda Lapar, hal ini terkait dengan bahannya yaitu teh dan telur, serta gula yang di dalamnya menyimpan kalori. Jadi secara tidak langsung, minum teh talua dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebih. Dengan mengonsumsi teh talua, kamu bisa menekan nafsu makan dalam rangka menjaga agar berat badan tetap ideal.

Dan yang terakhir, Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh. Kuning telur yang ada dalam teh talua memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan vitamin K. Berbagai vitamin tersebut masuk ke dalam tubuh dan bekerja ke berbagai bagian yang memerlukannya.
                                  
Tetapi teh telur yang satu ini yang menjadi  minuman khas masyarakat Minangkabau, tapi yang dijadikan khas nagari Tanjung, Kabupaten Tanah Datar yaitu Teh Telur dicampur dengan madu.

Setelah dikonfirmasi oleh fokussumatera.com kepada pembuat teh telur itik campur madu, Suparman dan istrinya Meri mengatakan bahwa Teh Telur campur madu  adalah ciri khas warungnya. 

Dan saat ditanya kepada pelanggannya yang bernama Jon Ombak mengaku Teh Telur campur madu sangat enak rasanya dan sedap serta penambah semangat keperian. (ppwi-td-Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!