March 12, 2020

Warga Pabalutan Tanah Datar Perbaiki Sendiri Jalan Provinsi Yang Rusak


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Para Pemuda Pabalutan, Nagari Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan aksi sosial dengan  mengecor  jalan raya yang berlobang. Aksi tersebut dilakukan karena terdorong rasa kepedulian akan kondisi jalan raya Batusangkar menuju Ombilin yang rusak berat dan terdapat lobang disana-sini.

Menyadari Jalan merupakan akses utama transportasi keluar masuk suatu daerah, maka Pemuda Pabalutan merasa mempunyai tanggungjawab untuk ikut berpartisipasi memperbaiki jalan yang  rusak tersebut.

Menurut Hen  salah satu Tokoh Pemuda Pabalutan, aksi pemuda ini dilakukan dengan swadaya dan keinginan bersama pemuda karena jalan Raya Batusangkar menuju Ombilin, tepatnya  di Pabalutan jalan Raya propinsi terdapat lobang dan kerusakan yang cukup parah. 

‘’Jadi sebelum terjadi kecelakaan dan musibah bagi pengguna jalan raya maka pemuda melakukan inisiatif untuk gotong-royong menutup kerusakan jalan tersebut walaupun dengan coran yang diaduk manual’’ jelas Hen kepada fokussumatera.com, Kamis 12 Maret 2020.

Dedi selaku pengguna jalan yang ditemui dilokasi mengatakan sangat mengapresiasi atas inisiatif Pemuda Pabalutan di bukik Sangok ini, sangat kreatif. Walau sedikit terhalang perjalanan tapi  ini demi perbaikan dan sesudah ini akan lancar. 


"Resiko kami pengguna jalan tidak ada lagi. Kami mewakili masyarakat  mengucapkan terima kasih pada seluruh pemuda disini atas kreativitas yang dilakukan,’’ kata Dedi penuh rasa haru.

Dedi menambahkan agar Pemeintah khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat   (PUPR) Provinsi kiranya berkenan mengevaluasi dan melihat situasi dan kondisi jalan yang ada di bawah naungan Propinsi Sumatera Barat agar kedepannya dapat diambil kebijakan untuk Program perbaikan jalan-jalan yang ada di Sumatera Barat.

‘’Karna setahu saya banyak sekali titik-titik  jalan Propinsi yang rusak seperti ini, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan masyarakat pengguna jalan merasa nyaman dan aman dalam menggunakan jalan’’ jelas Dedi.

Sementara  Wali Nagari Rambatan Edi Indra  yang dikonfirmasi  via telephon oleh fokusumatera.com membenarkan kalau memang ada gotong-royong pemuda yang memperbaiki jalan Propinsi yang rusak di Pabalutan.

‘’Ini saya ketahui setelah diberitahu oleh perangkat jorong  dan saya sebagai Pemimpin masyarakat juga sangat prihatin terhadap jalan-jalan Propinsi yang banyak mengalami kerusakan dan kami selaku pihak Pemerintah Nagari sudah memberi tahu pihak terkait dalam masalah ini’’  kata Edi Indra.

Edi Indra juga mengucapkan terima kasih kepada Pemuda Pabalutan yang telah berinisiatif dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!