Breaking News

April 4, 2020

Berkontribusi Cegah Covid-19, UPT BLK Batusangkar Produsi 3.000 Masker


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam situasi wabah, Covid-19  Masker menjadi satu barang penting dan sangat berharga dalam mencegah Penularan Pandemik Covid-19 saat ini. Namun fakta di lapangan masih sulit menjumpai masker di pasaran, jika pun ada harganya sangat mahal jauh dari harga sebelumnya.

Menjawab kondisi tersebut, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar memproduksi masker kain dengan kualitas baik yang nantinya akan diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanah Datar untuk segera dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini produksi masker kain itu terus digenjot dengan target 3.000 buah dengan masa pengerjaan 10 hari.Dari 3.000 buah masker tersebut,  1.000 buah nantinya akan diserahkan kepada Provinsi Sumatera Barat dan sisanya 2.000 buah lagi untuk Kabupaten Tanah Datar.

Kepala UPT BLK Batusangkar Aprizal mengatakan dalam memproduksi masker ini UPTBLK Batusangkar melibatkan alumni yaitu mereka yang perna mengikuti program pelatihan di BLK Batusangka.

Dalam pembuatan masker ini setiap  orang diberikan bahan, pembuatannya secara mandiri di rumah mereka masing-masing namun  bagi yang tidak mempunyai mesin jahit diizinkan bekerja di UPT BLK Batusangkar dengan menerapkan sosial distancing, dan sekali 3 hari mereka menyerahkan hasilnya ke UPT BLK Batusangkar.


“Ini sebagai bentuk partisipasi UPT BLK Batusangkar dengan menyediakan masker guna mencegah penularan Covid-19, sebagai kerja kemanusiaan yang memang menjadi tugas bersama, UPT BLK Batusangkar akan selalu siap melanjutkan tugas mulia ini,” ujar Aprizal di UPT BLK Batusangkar, Sabtu 04 Maret 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas PMTSP Naker Tanah Datar Zarratul Khairi mengatakan produksi masker kain itu ialah program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI melalui UPT BLK Padang dilaksanakan oleh UPT BLK Batusangkar dengan harapan untuk memenuhi kebutuhan masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat khususnya di Tanah Datar.

“Masker diproduksi oleh tenaga terampil alumni UPT BLK Batusangkar, untuk menunjang kinerja, mereka diberikan uang transpor, uang makan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Zarratul Khairi.

Zakaratul Khairi  pun menambahkan dengan diproduksinya masker sebagai kebutuhan APD di Tanah Datar dapat terpenuhi terutama untuk petugas yang menjadi garda terdepan menghadapi penularan Covid-19.

“Kita juga berharap UPT BLK Batusangkar mendapatkan perhatian untuk peningkatan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pelatihan dalam rangka menyiapkan tenaga terampil yang memiliki kompetensi,” ujar Zarratul Khairi.

Semoga dengan bantuan masker ini dapat membantu terpenuhinya kebutuhan masker, terutama untuk Petugas Penanganan Virus Corona.(Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!