Breaking News

Connect With us

April 7, 2020

Desa Kumbayau, Sawahlunto Goro Bersama Bangun Portal Perbatasan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Demi keamanan dan keselamatan masyarakat dari dampak menyebarnya wabah Virus Covid-19,  berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah. Termasuk penjagaan ketat di perbatasan/ gerbang masuk sebuah wilayah. Dengan mendeteksi dan melakukan pemeriksaan dini terhadap setiap warga yang akan masuk/keluar ke suatu wilayah diharapkan dapat menekan angka penyebaran Virus Covid-19.

Tidak hanya Pemko Sawahlunto yang mendirikan Posko di perbatasan pintu masuk Kota Sawahlunto, Pemerintah Desa Kumbayau pun melakukan hal yang serupa untuk mendeteksi penyebaran Covid-19, dengan berjaga di Batas Desa Kumbayau dengan Nagari Tanah Datar. 

Untuk lebih mengoptimalkan fungsi Posko Penanggulangan Covid-19  di Perbatasan Desa Kumbayau dan Nagari Atar, Pemerintah Desa (Pemdes) Kumbayau bersama Badan Perwakilan Desa (BPD) Kumbayau, Linmas serta Babinsa Kumbayau  Serda Yulianto, hari ini Selasa, 07 April 2020  melakukan Gotong-royong (Goro) mendirikan Portal Perbatasan Desa Kumbayau,  Kecamatan Talawi dengan  Nagari Atar, Kecamatan  Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar.

Menurut Ketua BPD Desa Kumbayau Zulfitri ( yang akrab disapa Pak cut) kepada fokussumatera.com mengatakan kalau portal ini didirikan untuk membantu petugas dalam Pengawasan Pemantauan CoviD-19 .


‘’Portal ini sengaja dibuat untuk membantu petugas, agar semua warga yang masuk ke Sawahlunto  melalui pintu masuk Desa Kumbayau dari Nagari Atar bisa terdata dengan,  baik sehingga Pencegahan Penyebaran Virus CoviD-19 bisa terdeteksi dengan baik’’ ujar Pak Cut.

Sedangkan Kepala Desa Kumbayau H.Ali Amran mengatakan ‘’portal ini didirikan sekaligus disusul dengan pembangunan posko yang permanen sehingganantinya kalau masalah Covid  selesai maka portal dan posko bisa digunakan untuk keamanan Siskamling bagi masyarakat Desa Kumbayau.

Babinsa Kumbayau Serda Yulianto yang turut terjun langsung dalam Goro tersebut menyatakan sangat senang dan bahagia  bisa  menjalankan tugasnya mengabdi kepada masyarakat.

‘’Sangat menyenangkan bisa mengabdi pada masyarakat, melakukan goro bersama dan piket bersama dengan penuh keramahan’’  kata Babinsa yang tegas namun rama dan  bersahabat ini.

Kepala Dusun Kandang Batu Lukman Hakim yang juga turut dalam Goro mengatakan denga didirikan posko dan portal di perbatasan sangat membantu masyarakat Dusun Kandang Batu khususnya  baik selama tanggab darurat Covid-19  maupun setelah selesai masa tanggab Covid- 19 nanti.

‘’Porta ini akan sangat bermanfaat dan sangat membantu masyarakat khususnya Dusun Kandang Batu, karena posko maupun portal akan tetap sangat berguna untuk peningkatan keamanan masyarakat nantinya’’ ujar Lukman Hakim senada dengan apa yang disampaikan Babinsa Serda Yulianto kalau Posko dan Portal permanen akan sangat berguna untuk keselamatan dan keamanan masyarakat ke depannya secara terus menerus.

Dan  Babinsa Desa Kumbauau Serda Yulianto akan terus membantu dan mendukung seluruh kegiatan masyarakat yang bersifat positif dan berguna bagi kemaslahatan masyarakat banyak. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!