April 4, 2020

Sejumlah TOP di Batusangkar Mendapat Bantuan Sembako dari PMI Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Masa sulit sudah dirasakan masyarakat akibat dampak merebaknya virus Corona. Pencegahannya melalui Phisical Distancing dan tidak keluar rumah agar tidak tertular virus ini membuat pasar-pasar dan pusat ekonomi lainnya menjadi sepi. Jika kondisi terus berlanjut seperti ini, tidak tertutup kemungkinan akan melumpuhkan roda perekonomian masyarakat.

Menyadari hal tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak terkait kebijakan penanganan Virus Corona, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanah Datar turut membagikan sembako kepada masyarakat terdampak salah satunya Tukang Ojek Pangkalan (TOP)  di sekitar Kota Batusangkar.

Bantuan  diserahkan langsung oleh Ketua PMI Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi didampingi Kepala Markas Ungandi dan Sekretaris Faisal, Sabtu, 04 Maret 2020 di markas PMI Tanah Datar.

Pada kesempatan tersebut  Ny. Emi Irdinansyah menyampaikan, pembagian sembako kepada TOP merupakan bentuk perhatian PMI terhadap masyarakat terdampak dari wabah Covid-19 di Tanah Datar.

Ketua PMI Tanah Datar serahkan bantuan pada Tukang Ojek

“Melihat perkembangan Covid-19 yang memberikan dampak nyata terhadap masyarakat, terutama para tukang ojek maupun UKM dalam pendapatan ekonominya, PMI mencoba menggugah donatur untuk menyisihkan hartanya. Alhamdulillah di tahap awal ini ada 200 paket sembako yang bisa dibagikan kepada masyarakat yang dinilai butuh,” sampainya.

Sebelumnya, tambah Emi, PMI pada beberapa hari lalu telah dilakukan kegiatan yang sama, yakni pembagian sembako bagi 100 pedagang, UKM dan tukang ojek yang beroperasi di sekitar Istano Basa Pagaruyung. 

“Seratus paket dibagi hari ini berisikan  5 kg beras,  1 kg gula pasir, 1 kg minyak goreng dan t½ sak telur sama dengan yang dibagi di Istano beberapa hari lalu. Tentu ke depan kita tetap berusaha mencari donatur yang mau salurkan bantuan melalui PMI sehingga Insya Allah ke depan akan kita laksanakan kegiatan yang sama bagi masyarakat terdampak lainnya,” tambah Emi.

Ny. Emi yang juga menjabat Ketua TP PKK Tanah Datar menyampaikan harapannya agar masyarakat Tanah Datar mematuhi imbauan ataupun instruksi dari Pemerintah Daerah. “Mari kita berdoa melakukan langkah nyata agar wabah Covid-19 ini hilang sehingga kehidupan kita bisa normal kembali, namun untuk saat ini tentunya diharap masyarakat untuk mematuhi imbauan dari pemerintah sehingga penyebaran wabah virus ini tidak semakin luas,” imbaunya.

Sementara itu salah seorang penerima bantuan sembako yang dipanggil Adek, sehari-hari mengojek di Simpang Jati Batusangkar menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI dan para donatur atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah pak, bantuan ini memang sangat berarti dan sangat kami butuhkan. Memang semenjak adanya wabah ini, pendapatan jauh menurun bahkan sehari-hari tidak ada uang yang kami dapat untuk pembeli kebutuhan rumah tangga kami,” ungkapnya.

Sekaitan dengan himbauan Pemerintah, Adek menyampaikan di pangkalan ojeknya telah membatasi jumlah rekan-rekan yang berkumpul, atau ketika berkumpul pun tetap menjaga jarak.

 “Tentunya kami tidak bisa berdiam diri di rumah pak, karena memang mata pencaharian kami dari mengojek ini. Namun dalam bekerja kami memakai sarung tangan, masker dan hanya membawa langganan ojek yang kenal saja, sehingga dirasa kami bisa lebih aman,” tukasnya. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!