April 2, 2020

Kepatuhan Warga Atar Tanah Datar pada Himbauan Pemerintah Patut Diapresiasi


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Semangat dan kepatuhan masyarakat Nagari Atar, Kecamatan  Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar baik warga yang tinggal di kampung maupuan warga Perantau terhadap Himbauan Pemerintah Nagarinya sangatlah tinggi. Terbukti setiap masyarakat Perantau yang mau pulang kampung terus berkoordinasi dengan Pemerintah Nagari di kampung dan setelah sampai di kampung halaman mereka tidak langsung menuju ke rumah dahulu,  tetapi langsung mendatangi Posko Pemantauan Covid -19 di halaman Kantor Wali Nagari Atar dan seterusnya menuju Puskesmas Padang Ganting untuk memeriksakan kesehatan diri mereka. Kalau dinyatakan sehat barulah mereka pulang ke rumahnya masing-masing dan mengisolasi diri sendiri selama 14 hari.

Tidak hanya warga perantau, masyarakat Atar yang tinggal di kampung halaman pun sangat patuh  dan penuh kesadaran serta tanggungjawab dalam menjalankan himbauan Pemerintah Nagari, demi terjaga dari Wabah Virus Corona yang mematikan.

Hal ini sebagai bukti kepatuhan dan bahwa Warga Nagari Atar  sangat berhati-hati sekali dengan masalah penyakit menular Covid -19 ini . ‘’Mereka tidak mau ‘’Dunsanak’’ serta famili mereka di kampung  sakit gara-gara kepulangan  mereka’’ kata salah seorang prantau Atar yg baru pulang dari Jambi.


‘’Padahal dalam perjalanan pulang sampai di kampung sudah tiga kali  kami di periksa dan di semprot,  tapi kami tetap jalani dengan santai,  toh semua demi kesehatan dan keselamatan kita semua’’ujar anak muda perantau Jambi ini sambil mengisi data diri mereka di Posko Penanggulangan Bencana di Nagari Atar.

Kepatuhan dan semangat warga Atar ini patut untuk diapresiasi dan mendapatkan acungan jempol.

Menurut keterangan  Wali Nagari Atar,  Halyu Pardi kepada fokussumatera.com, Kamis, 02 April 2020 menyatakan memang benar perantau Atar selalu memberi kabar sebelum pulang dan melaporkan diri setelah sampai di kampung. ‘’Hal ini sangat memudahkan dan membantu bagi kami Pemerintah Nagari untuk mendata berapa jumlah masyarakat kami yang sudah pulang kampung’’ ujar Halyu Pardi menjelaskan.

‘’Sedangkan untuk pemeriksaan tentu kami sarankan pada pihak yang berkompeten di bidang ini yaitu Puskesmas di Padang Ganting, walau mungkin orang Puskesmas agak kaget dan tidak menyangka masyarakat Atar ramai dari rantau yang memeriksakan diri, begitu patuh dengan himbauan dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Tapi mau tidak mau tentu Tim Medis yang ada di Puskesmas harus terima mereka karena memeriksakan diri itu adalah himbuan dan harus dilayani oleh Pihak Puskesmas walau mungkin mereka agak ngeri-ngeri  sedap juga dengan wabah Coona ini’’ tambahnya.

‘’Hal ini disebabkan mungkin kurangnya Septi  pengamanan buat diri mereka sendiri.Besok kami di Nagari akan kembali merapatkan seluruh Satgas, Linmas dan Relawan di Kantor Wali Nagari guna untuk bekerja sekuat tenaga dan kemampuan untuk memutus mata rantai wabah penyakit Covid-19 ini, sehingga kami masyarakat Atar tidak menginginkan ada yang tertular dan bisa kembali beraktivitas seperti semula lg.’’ tambah Halyu Pardi .

Sedangkan Sekretaris Nagari Atar Aswir mengatakan ‘’Pihak Nagari akan berupaya semaksimal mungkin untuk pencegahan penyakit Covid-19 dan akan melakukan penyemprotan kembali seluruh jalan-jalan utama, tempat-tempat umum seperti pasar, masjid-masjid, surau-surau, sekolah-sekolah dan rumah-rumah warga’’ jelas  Aswir. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!