April 2, 2020

Ketua KWRI Tanah Datar : Seharusnya Wartawan Dibekali Septi Saat Peliputan


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Wartawan/Jurnalis adalah Garda Terdepan yang keberadaannya sangat penting dan diperlukan oleh Pemerintah dan masyarakat dalam situasi apapun. Dalam situasi aman, damai, perang, bencana seperti halnya dalam situasi genting saat maraknya wabah Virus Corona Disease (Covid-19) seperti sekarang ini. Sama halnya seperti pejuang kemanusiaan, Wartawan juga mempertaruhkan jiwa raganya dalam menjalankan Tugas Peliputan demi memberikan informasi keada masyarakat yang benar, akurat dan berimbang.

Di tengah maraknya wabah Virus Corona yang sangat berbahaya bahkan memiliki potensi mematikan ini,  Stay di rumah, Wartawan  tetap turun ke lapangan untuk menggali informasi, berita untuk dikemas dalam karya jurnalistiknya dan disebarlusakan kepada masyarakat luas. Iformasi tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga membantu Pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Karena Insan Pers adalah Perpanjangan tangan Pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam situasi apapun, dan juga perpanjangan masyarakat dalam menyampaikan harapan dan aspirasinya kepada pemerintah.

Dalam situasi seperti ini sudah seharusnya Pihak Pemerinah beserta Jajarannya memberikan perhatian kepada Para Wartawan. Seharusnya Wartawan dibekali Septi dalam menjalankan tugasnya.

Steatmen tersebut disampaikan oleh Bonar selaku Ketua DPC Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Tanah Datar kepada fokussumatera.com, Kamis, 02 April 2020.

‘’Wartawan juga merupakan pejuang sama halnya dengan Satgas Penanganan Covid-19 yang juga memiliki resiko yang sama terhadap penyebaran Virus Corona. Jadi sudah selayaknya para Wartawan Tanah Datar mendapatkan perhatian, dibekali septi dalam bertugas’’ kata Bonar.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar  April Khatib Saidi.Kepada fokussumatera.com April Khatib Saidi mengatakan Para Wartawan dalam bertugas sudah seharusnya diperhatikan, terlebih dalam situasi wabah Corona seperti sekarang ini.

‘’Sudah seharusnya Wartawan dibekali Septi/ Alat Pelindung Diri dalam bertugas meliput berita, terlebih informasi tentang Corona, karena tidak tertutup kemungkinan mereka mendapat resiko tertular Virus tersebut’’ kata April menjelaskan.

‘’Disamping itu kesejahteraan Wartawan juga harus diperhatikan, dengan memberikan intensif yang pantas dan sesuai, jangan karena Pemererintah sibuk dengan urusan Corona, hingga melupakan kesejahteraan Wartawan. Karena Wartawan juga Pejuang Covid-19 sama seperti Satgas yang menjadi garda terdepan dan corong Pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat’’ tambahnya.

Ketua KWRI Bonar dan April Khatib Saidi berharap agar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar beserta jajaran terkait dapat memperhatikan para Wartawan Tanah Datar khususnya,  yang bertugas dalam peliputan berita, sehingga kesejahteraan Para Wartawan dapat terjamin, dan mereka akan merasa aman dan tenang dalam menjalankan tugasnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!