Breaking News

Connect With us

April 9, 2020

Lapas Narkoba Kota Sawahlunto Lakukan Pembinaan terhadap Warga Binaan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pembinaan Narapidana (Napi) dalam rangka pengembangan Sumber Daya  Manusia (SDM) dilakukan agar sekembalinya Narapidana dari sebuah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ke tengah-tengah masyarakat  dalam kondisi sehat dan memiliki cukup ketrampilan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan, sehingga kecil kemungkinan mereka akan kembali mengulangi kejahatan yang pernah mereka perbuat.

Di samping itu, pembinaan Napi juga dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Narapidana bukanlah sampah yang tak berguna, namun mereka harus dibantu untuk lepas dari jeratan tindak kejahatan.

Hal ini merupakan tugas besar Pemerintah bersama masyarakat dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat yang sehat, juga menanggulangi tingginya angka kejahatan, sebab kejahatan seringkali timbul dengan berbagai alasan yang juga merupakan bagian dari permasalahan sosial ekonomi. Meski bertentangan dengan hukum, kejahatan dan tindak kriminal akan tetap ada selama peradaban manusia masih ada di dunia ini.


Selama ini telah banyak upaya pembinanan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah maupun Pihak Swasta demi meningkatkan kualitas SDM, diantaranya pembinaan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan.

Seperti halnya yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas)  Narkoba Kota Sawahlunto Nasir,S.Sos,MH memberikan keterampilan kepada Warga Binaannya, di gedung Lapas setempat, Kamis, 09 April 2020.

‘’Pembinaan ini dilakukan  agar mereka nantinya kembali ke tengah-tengah  masyarakat mempunyai suatu skil dan bisa membuka lapangan kerja sendiri’’ ujar Nasir,S.Sos,MH.

Pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepada Warga Binaan selama ini adalah berupa keterampilan diantaranya ketrampilan dalam membuat kasur, furnitur, pembuatan pagar besi, peternakan dan lain sebagainya. 

Melihat hasil  karya Warga Binaannya  Kalapas merasa sangat bangga dan memberikan apresiasi atas kesungguhan Warga Binaan dalam mengikuti Program Pembinaan tersebut.

‘’Hasilnya sangat memuaskan dan bagus, contohnya meja di ruangan tunggu dan penerimaan tamu itu semua hasil karya dari Warga binaan Lapas Narkoba ini. Saya sangat senang melihat hasil dari mereka dan hal ini tentunya tidak lepas dari keinginan Warga Binaan itu sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. Melihat dari hasil kerja yang seperti ini kami juga bisa melayani kalau ada permintaan dari luar’’  tambah  Nasir.

Nasir berharap sekembalinya Warga Binaan LapasNarkoba Kota Sawahlunto ke tengah-tengah masyarakat nantinya mereka dapat menjadi warga yang lebih baik lagi, dan dapat mengisi aktivitas sehari-hari dengan kegiatan yang positif dengan tidak mengulangi kesalahan mereka di masa lalu.Semoga apa yang dilakukan oleh Lapas Narkoba Kota Sawahlunto bermanfaat dan menjadi bekal Warga Binaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!