April 27, 2020

Maksimalkan Pelayanan kepada Masyarakat, Nagari Salimpaung Tanah Datar Buka Pelayanan 24 Jam


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Suatu pelayanan yang baik dan prima tentu didambakan oleh seluruh masyarakat agar semua urusan dan kelancaran semua surat menyurat bisa mereka rasakan dan mereka dapatkan dengan mudah. Dengan demikian tidak terjadi kendala lagi dalam mengurus kebutuhan surat-menyurat maupun kepentingan masyarakat yang lainnya, terutama ditingkat Pemerintahan yang paling rendah yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat, yaitu Kantor Desa atau Kantor Wali Nagari.

Untuk mewujudkan pelayanan yang prima tentunya harus diiringi dengan kualitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjalankan dan memberikan pelayanan  kepada masyarakat itu sendiri. Saat ini umumnya Perkantoran Pemerintah buka Senin sampai Jumat/ 5 hari kerja yaitu mulai Pukul 08.00 WIB  s/d Pukul  16.00 WIB paling lama, sehingga ada 2 hari penuh Perkantoran tutup dan tidak ada layanan sama sekali yaitu pada hari Sabtu danMinggu. Sehingga apabila ada hal-hal  urjen yang membutuhkan surat-menyurat atau membutuhkan Surat Rekomendasi dari bawah maka terpaksa di undur pada hari kerja.Hal ini menyebabkan banyaknya terjadi kelalaian dan pemborosan waktu serta tidak maksimalnya pelayanan publik di tengah-tengah masyarakat.

Merasakan dan  memahami situasi kebutuhan pelayanan publik untuk masyarakat luas tersebut maka Pemerintah Nagari Salimpaung di bawah Pimpinan Wali Nagari Marjohan dan Sekretaris Nagari  yang handal Randimal Angku Mudo meluncurkan program kerja peningkatan pelayanan publik sejak awal tahun 2020 ini, yaitu Kantor  Wali Nagari Salimpaung buka dari hari Senin sampai Sabtu/6 Hari Kerja, dimulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB . Setelah jam kerja maka setiap hari ada yang piket termasuk hari Minggu. Piket  tersebut dilaksanakan secara bergantian. Dalam artian  Kantor Wali Nagari Salimpaung buka 24 jam dari Senin s/d hari  Minggu.

‘’Semua itu dilakukan Pemerintah Nagari tentunya tidak asal buat program saja, tetapi sudah melalui tahap uji coba, tingkat kebutuhan masyarakat dan tingkat kesadaran Perangkat dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada pengabdian masyarakat dengan didukung oleh semua Lembaga Unsur dan BPRN nagari Salimpaung juga tokoh-tokoh  Salimpaung baik yang berada di kampung halaman maupun di perantauan’’ kata Marjohan, Sabtu, 25 April 2020 di ruang kerjanya.

Marjohan menambahkan ‘’Saya ingin memberikan hal yang terbaik dalam pengabdian saya selaku Wali Nagari, supaya Nagari dan masyarakat Nagari Salimpaung bisa lebih maju dan hebat dalam segala hal’’.

Sedangkan Sekretaris Nagari  Randimal Angku Mudo mengatakan  ‘’Setiap hari Senin kami semua berkumpul, semua Perangkat dan Staf Nagari untuk mengadakan upacara, jadi di bawah kepemimpinan Wali Nagari sekarang terasa sangat seperti hidup suasana kebersamaan dan saling berbagi ilmu pengetahuan ‘’.

Mulfaikris selaku Kepala Jorong Nan Sembilan juga  mengatakan selaku Kepala Jorong ia selalu berkoordinasi dengan  pimpinan yaitu Wali Nagari dalam semua hal mengenai pelayanan untuk masyarakat, agar tidak ada masyarakat yang tidak terlayani dan terlambat dalam hal surat-menyuratnya.

‘’Semoga kebijakan yang diambil Pimpinan kami,  Pak Marjohan bisa menjadi contoh bagi pemimpin-pimpinan  lainnya’’ kata Mulfaikris  mengakhiri perkataannya yang penuh harapan pada semua pemimpin.

Mulfaikris juga berharap semoga ke depannya pelayanan di Kantor Wali Nagari Salimpaung dapat lebih ditingkatkan dan lebih baik lagi. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!