April 29, 2020

Pemnag Cubadak Tanah Datar Kerahkan Semua Unsur di Nagari dalam Upaya Penanganan Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kenagarian Cubadak, Kecamatan Lima Kaum merupakan salah satu Nagari di Kabupaten Tanah Datar, di bawah pimpinan Wali Nagari Asrizallis, S.Sos, M.Pdi, MM dan Sekretaris Nagari  Zulkifli, S.Ag terus berdiri di garda terdepan dalam upaya Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar khususnya di Nagari Cubadak.

Pemerintah Nagari Cubadak kerahkan semua unsur yang ada di Nagari dalam upaya Penanganan Wabah Virus Corona, tidak hanya Satuan Tugas Covid-19 Nagari Cubadak tetapi juga semua unsur di nagari diantaranya Linmas, FKPM, BPRN, UPT Puskesmas, Babinsa, Bahabinkamtibmas, serta Relawan Covid di Nagari.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam upaya Percepatan Penanganan dan Pemutusan Mata Rantai Corona Virus Disease  (Covid-19). Menanggapi himbauan dan intruksi dari atas membuat Pemerintah Nagari Cubadak bersiaga dan peduli penuh terhadap Pencegahan Penyebaran dan Pemutusan Mata Rantai  Virus Covid-19.

Menurut keterangan  Wali Nagari Cubadak  Asrizallis, S.Sos, M.Pdi, MM yang ditemui fokussumatera.com di ruang kerjanya hari ini Rabu, 29 April 2020  mengatakan kalau Nagari Cubadak telah membuat posko tanggap Covid seperti halnya nagari-nagari lainnya.

‘’Di Nagari Cubadak Pemerintah Nagari telah membentuk relawan dan di SK kan oleh Nagari, agar tugas dan fungsi relawan ini jelas , sebanyak 46 orang , mereka tiap hari piket secara bergantian tian mulai jam 8.30 pagi sampai jam 14.00 sore. Relawan juga dibantu anggota Linmas Nagari sebanyak 14 orang, anggota FKPM Nagari 20 orang  dan Satgas Nagari 20 orang . Semua saling koordinasi dan kerja sama dalam penjagaan posko, mensosialisasikan  instruksi dan himbauan terhadap masyarakat tentang semua intruksi dan peraturan yang telah dikeluarkan Pemerintah’’ jelas  Asrizallis.

Asrizallis juga menambahkan ‘’ Selain melakukan pendataan dan mencatat semua masyarakat yang datang dari luar Nagari Cubadak, semua berjalan lancar berkat kerja sama dan saling mendukung dari semua  Lembaga Unsur, Babinsa, Babinkhantibmas, UPT Puskesmas Lima Kaum, jadi tidak hanya diserahkan pada relawan saja, tapi bekerja sama saling bahu-membahu satu sama lainnya,’’ tambahnya.

Sedangkan Sekretaris Nagari Zulkifli, S.Ag menambahkan bahwa sampai saat ini di Nagari Cubadak masyarakat dan mahasiswa yang pulang kampung ke Nagari Cubadak sudah lebih 60 orang, semua didata dan diisolasi secara mandiri selama  14 hari di rumah masing-masing. 

‘’Semua sekarang sudah selesai menjalani isolasi mandiri itu. Pemerintah Nagari juga melakukan penyemprotan, melakukan himbauan baik berupa Surat Pemberitahuan yang ditempel di  warung-warung  maupun langsung melalui pengeras suara. Dan masyarakat Nagari Cubadak  juga cukup kooperatif dan memahami semua himbauan serta intruksi Pemerintah sehingga sangat membantu petugas relawan dan Pemerintah Nagari Cubadak dalam rangka pencegahan penularan covid-19 in’’ tambah  Zulkifli.

Berdasarkan pantauan fokussumatera.com juga tampak di halaman kantor Wali Nagari yang didirikan posko nampak Petugas Relawan terus mencatat dan mendata siapa saja yang datang, termasuk tamu yang berkunjung ke kantor Wali Nagari pun tetap dicatat dan di periksa suhu tubuhnya, baru  kemudian diminta mencuci tangan yang langsung disediakan di depan teras  kantor Wali Nagari Cubadak. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!