Breaking News

April 30, 2020

Pemprov Sumbar Serahkan 250 Paket APD kepada RSUD MA Hanafiah Batusangkar

                                  30 April 2020
FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam situasi seperti sekarang ini dimana kasus Virus Corona sedang mewabah, keberadaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan tugas penanganan Covid-19 terutama bagi Petugas Kesehatan di garda terdepan.

Menjawab kebutuhan ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan berupa 250 paket APD berupa baju Hazmat kepada  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MA Hanafiah SM Batusangkar .

Menurut keterangan Humas Pemda Kabupaten Tanah Datar, Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit didampingi Staf Ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) Immanuel kepada Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Rabu, 29 April 2020 kemaren. 

“Kami berharap Pemerintah Daerah beserta seluruh jajaran tetap kompak dan semangat dalam perjuangan menangani pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan mengingat keterbatasan jumlah tenaga medis, apalagi jumlah dokter spesialis paru sangat-sangat kurang di Indonesia,” sampai Imanuel.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan kunjungan ini merupakan monitoring pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat.

“Saat ini penambahan kasus positif Covid-19 trennya meningkat, sampai kemaren 144 orang terkonfirmasi positif dan meninggal 14 orang,” ucapnya.

Nasrul tegaskan terkena virus corona bukanlah aib, yang dihadapi adalah virus. “Jangan pernah menyembunyikan informasi kepada petugas, karena bisa membahayakan keluarga sendiri dan masyarakat banyak,” tegasnya.

Nasrul berharap dengan penerapan PSBB bisa menekan penyebaran virus Corona, dibutuhkan kesadaran dan kedisiplinan kolektif.

Perantau yang baru pulang juga diminta melakukan karantina mandiri.

“Tadi masih saya saksikan ada masyarakat di pasar yang tidak memakai masker, ini perlu terus diingatkan demi kebaikan bersama,” sampai Nasrul. 

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyambut baik dan menyampaikan terima atas bantuan APD bagi RSUD MA Hanafiah SM Batusangkar.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah, kami mengucapkan terima kasih, permasalahan APD yang terjadi selama ini secara berangsur-angsur dapat diatasi dengan adanya bantuan-bantuan dari berbagai pihak. Semoga semua bentuk dukungan ini menjadi penambah semangat petugas dalam bekerja,” ucap Zuldafri.

Zuldafri juga titip salam dan terima kasih atas bantuan dan dukungan Kepala BNPB Letjen. TNI Doni Monardo kepada Kabupaten Tanah Datar baik dalam penanganan Covid-19 maupun penanganan bencana alam.

Di kesempatan itu Wagub juga mengunjungi Posko Gugus Tugas Penangangan Covid-19 di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo dan mengunjungi Pasar Batusangkar memberi edukasi dan pemberian masker kepada masyarakat.

Turut mendampingi Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam menerima bantuan, Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Sekda Irwandi, Direktur RSUD MA Hanfiah SM Batusangkar dr. Afrizal Hasan, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis dan Kalaksa BPBD Tanah Datar Thamrin.

Sementara dari posko Covid-19, tercatat Positif tetap 3 orang (1 dirawat, 1 dikarantina, 1 orang sudah sembuh), ODP 29 orang, PDP 3 orang (1 meninggal dan sudah dimakamkan tadi malam di Jorong Batu Panjang,  Nagari Koto Laweh,  Kecamatan X Koto) dan notifikasi 2.856 orang. (Z.Z Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!