April 3, 2020

Selain Indah, Adat Minagkabau di Nagari Tuo Pariangan Tanah Datar Masih Kental


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat merupakan pusat awal sejarah Minangkabau. Di Nagari Pariangan banyak sekali tempat-tempat bersejarah maupun situs-situs  kuno yang menjadi salah satu penarik berwisata ke Nagari Pariangan yang dikenal dalam Pariwisata sebagai ‘’Nagari atau Desa Terindah di Dunia’’. Nagari Tuo Pariangan mempunyai pesona tersendiri sebagai objek wisata alam.

Wali Nagari Parianagan, April Khatib Saidi menjelaskan kepada fokussumatera.com, Jum’at, 03 April 20 20 bahwa keindahan Nagari Pariangan bukan hanya pemandangan indah mempesona untuk memanjakan mata dan menghirup udara segar pegunungan yang masih asli saja. Karena pemandangan seperti itu  sudah pasti ada tandingannya dan dapat ditemukan di daerah lain di Indonesia atau di dunia ini, seperti wisata Raja Ampat , Bali dan lokasi wisata lainnya.

Wali Nagari Pariangan, April Khatib Saidi

‘’Tapi yang berbeda di Pariangan disebabkan adanya kolaborasi antara pemandangan, udara pegunungan yang segar, situs-situs bersejarah, makanan kuliner asli Pariangan dan yang tak kalah penting lagi karena adanya suatu Tatanan Adat-Istiadat yang masih dipertahankan sampai saat ini ‘’ ujar Wali Nagari April April Khatib Saidi.

‘’Indahnya Nagari atau Desa Pariangan karena ‘’Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah, Agama Mangato, Adat Mamakai’’. Sehingga tatanan kehidupan Adat Salingka Nagari betul-betul menjadi filosofi kehidupan di Nagari Pariangan’’ tambahnya menjelaskan.

Sedangkan di lain tempat DT. Manso, yang merupakan salah satu Pemangku Gelar Adat dan sekaligus Anggota LKAM Kabupaten  Tanah Datar mengatakan, Nagari Pariangan merupakan Nagari yang dahulunya pertama kali dijadikan hunian dan perkampungan Tuo di Ranah Minang ini.

‘’Kalau bicara soal adat maka tak bisa lepas dari Nagari Pariangan, jadi yang indah di Pariangan itu ya masyarakatnya,  karena di sana masyarakat masih mempertahankan kemurnian ajaran dan aturan-aturan Adat Istiadat Minangkabau, sehingga nampak sekali dalam pola kehidupan sehari-hari  yang penuh Tata Krama Adat dan Agama. Selain memang tempat dan lokasinya yang indah serta banyak terdapat wisata alam, kuliner, situs-situs bersejarah, maupun tempat-tempat bersejarah lainnya, juga ada pemandian Air Panas’’ kata Dt. Manso. 

Lebih lanjut Dt.Manso menambahkan kalau semua yang ada di Nagari Pariangan tentu tidak bisa lepas dari Nagari atau daerah lainnya di Minangkabau maupun dunia, karena adanya pertalian cerita dan sistim kekerabatan. 

‘’Hal ini menambah nilai keindahan Nagari Pariangan, semoga apa yang sudah menjadi nama besar sebagai ‘’Nagari Terindah di Dunia’’ bisa betul-betul jadi perhatian khusus bagi semua lini, baik dari Pemerintah Daerah maupun sampai pusat agar bisa Nagari Pariangan menyajikan suatu tempat wisata unggulan di Kabupaten Tanah  Datar maupun Indonesia’’ tambah Dt. Manso.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!