Breaking News

April 25, 2020

Tegakkan PSBB, Satgas Covid-19 Tanah Datar Patroli Keliling Edukasi Masyarakat


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jum’at, 24 April 2020 telah memasuki hari ketiga. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tanah Datar terus melakukan upaya menegakkan disiplin dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi imbauan Pemerintah. Satgas Covid-19 Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari Petugas Gabungan TNI, Polri, Sat Pol PP dan Divisi Humas Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kabupaten Tanah Datar terus bergerak melaksanakan patroli dan edukasi keliling serta menyebarkan brosur penanganan Covid-19 ke masyarakat, Jumat malam,  (24/4/2020) kemaren.

Tak hanya itu petugas gabungan turun langsung menertibkan masyarakat yang masih berkumpul di atas pukul 22:00 wib, semua itu dilakukan semata-mata untuk mensukseskan pemberlakuan PSBB di Kabupaten Tanah Datar guna memutus Penularan Covid-19.

Berdasarkan informasi Humas Pemda Tanah Datar, Jum’at malam itu  Petugas bergerak menuju Ombilin,  Kecamatan Rambatan dan di sepanjang perjalanan petugas masih menjumpai masyarakat yang berkumpul di luar rumah terutama di kedai-kedai/ warung tanpa memakai masker dan tidak menerapkan Physical Distancing.


Seketika itu juga Petugas meminta pemilik warung atau kedai makanan untuk menutup warungnya  paling lambat pukul 22.00 WIB .Petugas juga meminta agar warun-warung yang tetap berjualan untuk tidak menyediakan kursi untuk pelanggan dan hanya melayani untuk dibungkus atau dibawa pulang.
  
Memang memutus Penularan covid-19 tidaklah mudah perlu adanya kerjasama semua pihak baik Pemerintah maupun masyarakatnya.Masyarakat hanya perlu mematuhi himbauan Pemerintah, sedangkan Pemerintah bekerja memastikan masyarakat tetap aman dan terjaga.Jika itu terlaksana dengan baik, bukan tidak mungkin Pandemi covid-19 ini akan cepat berlalu dan situasi kembali normal seperti sediakala.

Kepala Divisi Humas Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Abrar mengatakan kepedulian masyarakat terkait pandemi Covid-19 sangat diharapkan dan tidaklah sulit untuk mendapat informasinya, bisa melalui radio, sosial media atau pun brosur yang dibagikan petugas.

“Bukan rahasia lagi bahaya dari Covid-19, dengan penyebaran yang sangat cepat dan masiv, maka dari itu kita sangat membutuhkan kerjasama serta dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk mematuhi segala ketentuan PSBB, salah satunya pembatasan kegiatan di tempat umum, sangat disayangkan sekali kalau masih saja ada masyarakat yang tidak mengindahkannya,” ujar Abrar.

‘’Untuk itu kami sangat berharapkerjasama dari seluruh masyarakat Tanah Datar, cukup dengan mematuhi himbauan Pemerintah, biar kami yang  berdiri di Garda Terdepan untuk menangani Covid-19 ini dan bekerja memastikan kondisi masyarakat tetap aman dan terjaga’’ tanbahnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Pengamanan Tim Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Yusnen,  saat Apel Gabungan mengatakan pada malam hari petugas akan terus laksanakan patroli keliling secara bertahap selama 14 hari setelah diberlakukannya PSBB di Sumatera Barat termasuk kabupaten Tanah Datar.

“Ini malam ketiga dilakukannya patroli keliling untuk memberikan edukasi ke masyarakat dalam pencegahan covid-19, ini akan terus dilakukan hingga masa PSBB berakhir dan mudah-mudahan tidak diperpanjang. Ini tergantung kerjasama kita semua,” ujar Yusnen. (Z.Z/F)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!