Breaking News

Connect With us

April 8, 2020

UIN IB Padang Paparkan Strategi Pencegahan Covid - 19 Pada Pemko Padang


FS.Padang(SUMBAR)-Pemerintah Kota Padang menyambut baik strategi pencegahan dan penanggulangan virus corona atau covid-19 yang dikemukakan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB), Dr. Wakidul Kohar, M.Ag.

Hal itu terungkap saat digelarnya pertemuan antara Dekan FDIK Dr. H. Wakidul Kohar, M. Ag bersama Wali Kota Padang Mahyeldi Ruang Kerja Wali Kota Padang, Senin (6/4/2020) kemaren.

Menurut Dr. Wakidul Kohar, dalam penanganan covid-19 perlu dibentuk posko atau Satuan Tugas (Satgas) pengawasan dan penanggulangan Covid-19 di masjid-masjid se-Kota Padang sampai ke tingkat RT dan RW. 


"Kita ingin bagaimana masjid dan mushalla berperan membantu pemerintah menanggulangi dampak covid-19, terkait dengan penanggulangan siapa yang terindetifikasi dan penanganan terkait dampak sosial ekomomi," jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, Satgas ini nanti akan membantu pemerintah mendata jamaah yang rentan terkena Covid-19 mulai tingkat anak-anak sampai lansia. Kemudian ikut membantu mendata berapa jumlah PPT, OTG, ODP, PDP serta sosial ekonomi masyarakat yang terdampak wabah covid-19. 

"Petugas juga bisa menggalang dana dari para donatur yang nanti juga akan diberikan kepada jamaah yang terdampak sosial ekonominya dalam bentuk Sembako," sambungnya. 

Ia pun berharap, melalui cara-cara ini masjid dapat mengambil peran dalam kondisi wabah ini, sehingga masjid tidak saja berfungsi dalam urusan keagamaan, namun juga terhadap sosial ekonomi masyarakat.

"Kita ingin, bagaimana memformat bahasa kesehatan menjadi bahasa agama  untuk disampaikannya di masjid-masjid sehingga masyarakat dapat mengerti tentang bahaya covid-19 ini. Tentunya dengan bahasa yang santun dan sopan," terangnya. 

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi sangat menyambut baik model dan konsep yang dikemukan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi ini.

"Sebelum Pemerintah Kota Padang melalui Baznas Kota Padang juga telah mengumpulkan para mubaligh supaya mensosialisakan bahaya covid-19 di Kota Padang," jelasnya. 

Ia pun berharap, mahasiswa UIN IB Padang dapat membantu pemerintah mensosialisakan kepada masyakakat ditempat tinggal masing-masing. 

"Mahasiswa UIN Ini dikenal dekat dengan Masyakarat karena kepandaian dalam bidang agama. Sehingga kalau mereka dapat mensosisalisakan kepada masyarakat tentang covid-19. Insha Allah masyarakat akan mendengar," pungkasnya. (Muliadi/Prokopim Padang).

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!