April 29, 2020

Ular Piton Sepanjang 3 Meter Resahkan Warga Desa Batu Kucing Berhasil Ditangkap

FS.Sarolangun(JAMBI)-Warga Desa Batu Kucing, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi mengaku resah dengan seringnya ayam peliharaan yang ada dikandang di belakang rumah kerap hilang.

Akhirnya, Rabu (29/04) warga mengetahui penyebab ayam mereka kerap hilang. Ternyata, ayam banyak dimakan oleh binatang buas, salah satunya ular Piton.

Rahman, salah seorang warga yang memiliki peliharaan ayam, merasa curiga dengan suara ayam miliknya yang saat itu ada di kandang belakang rumah, tepat pada Rabu (29/04) pagi sekitar pukul 07.10 Wib.

Ketika itu saat sedang hujan, dan betapa terkejutnya dirinya melihat ada seekor ular Piton sedang memangsa ayam peliharaan miliknya tersebut.

Akhirnya dirinya meminta bantuan dengan masyarakat sekitar untuk sama-sama menangkap ular Piton tersebut, supaya tidak ada lagi keresahan warga.

Berkat bantuan masyarakat, akhirnya ular Piton dengan panjang 3 meter dengan berat mencapai belasan kilo gram, dan berukuran sebesar betis orang dewasa berhasil ditangkap.


"Saya curiga awalnya adanya suara ayam yang saya dikandang, setelah saya lihat dibelakang rumah, ternyata ada ular Piton sedang menelan ayam," katanya.

Ular Piton tersebut, akhirnya bisa ditangkap oleh warga setempat dengan kondisi sudah mati setelah warga membunuh ular berbahaya tersebut dengan tali dan kayu.

Sementara itu, Kades Batu Kucing, rojali mendengar adanya informasi warga terkait keberadaan ular Piton yang memangsa ayam peliharaan, mendatangi rumah warganya.

Ia mengatakan bahwa memang ketika hujan deras tiba mengakibatkan air sungai pun meluap sehingga binatang berbisa pun keluar dari sarangnya, dan kerap kali masuk ke pemukiman penduduk.

"Maka binatang-binatang berbisa dan berbahaya berkeliaran ketempat yang aman dan mendapat tempat ada mangsa yang bisa mereka," katanya.

Ia pun mengimbau kepada warga yang dekat dari hutan ataupun sungai besar untuk senantiasa waspada terhadap serangan dari binatang buas dan berbisa, seperti ular Piton, bisa saja menyerang manusia.

"Begitupun juga agar warga tetap menjaga kesehatan masing-masing dari dampak virus corona saat ini, dengan mematuhi himbauan pemerintah," katanya.(Ros)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!