April 1, 2020

Upaya Cegah Covid-19, Nagari Atar Akan Menggelar ‘’Dzikir Tolak Bala’’


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar  terus melakukan Giat Pencegahan Penyebaran Covid-19. Selain menghimbau masyarakat untuk selalu  mematuhi segala himbauan dan aturan dari berbagai jenjang, mulai dari himbauan Presiden, Kapolri, Mendagri, Kemenkes RI, BPBD RI , sampai yang paling rendah dari sistim Pemerintahan yaitu himbauan Wali Nagari, Pemerintah Nagari Atar juga sangat mengapresiasi dan memberi acungan jempol pada masyarakat Atar yang sangat mendengar dan mematuhi segala aturan itu. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Nagari Atar, Aswir kepada fokussumatera.com, Selasa 31 Maret 2020 di Kantor Wali Nagari Atar. Sekretaris Nagari Aswir menjelaskan kalau Nagari Atar betul-betul Tanggap dengan semua aturan yang ada dan sangat peduli dengan masyarakat  agar mata rantai penyebaran Virus Covid-19 ini bisa terhenti.


‘’Pemerintah Nagari juga siapkan semua fasilitas untuk masyarakat Nagari Atar termasuk satu unit ambulan yang telah disiagakan di Kantor Wali Nagari Atar yang stanbay 24  jam’’ jelas Aswir.

Selain itu Sekretaris Nagari juga mengatakan kalau Nagari Atar akan melakukan penyemprotan masal ke seluruh wilayah Nagari Atar.’’ Ini dilakukan agar pemutusan mata rantai Virus Covit-19  bisa terlaksana dengan baik dan maksinal. Hal ini demi masyarakat Atar agar jangan tertular penyakit mematikan ini’’ tambahnya.

Sedangkan Wali Nagari Atar Halyu Pardi yang ditemui fokussumatera.com di lapangan dalam giat pemantauan di wilayah Nagari Atar membenarkan keterangan sekretarisnya. ‘’Bahkan Nagari Atar berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga Nagari Atar dari berbagai penyakit menular bukan saja Virus Covid-19 saja.Tentunya semua atas bantuan, arahan dan petunjuk dari berbagai pihak termasuk dari Perantau Nagari Atar sendiri’’ ,kata Wali Nagari Halyu Pardi .

Selain itu sudah menjadi kebiasaan yang turun menurun dari nenek moyang masyarakat Nagari Atar kalau setiap ada musibah atau bala maka masyarakat bersama tokoh-tokoh adat dan agama secara bersama-sama akan makukan doa dan zikir tolak bala mengelilingi kampung. 

‘’Demikian juga dengan masalah Virus Covid-19 ini, akan di adakan hal yg serupa tapi tentunya dengan tetap mematuhi aturan yang ada seperti tidak bergerombolan, masing-masing  menjaga jarak satu meter paling dekat , memakai masker dan lain sebagainya’’ jelas Halyu Pardi
‘’Dan semua itu sudah dikoordinasikan ke semua pihak termasuk pada masyarakat yang akan ikut doa tolak bala Selasa malam ini’’ tambahnya. 

Sedangkan Kanit Intel Polsek Padang Ganting Ade sumandal mewakili Kapolsek Padang Ganting Iptu Kamaluddin,SH,MH, yang sibuk melakukan penyemprotan mengatakan, kalau giat ini dilakukan di seluruh wilayah hukum Polsek Padang Ganting, dimulai dari nagari Padang Ganting dan berakhir di Nagari Atar. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!