May 1, 2020

469 KK Data Warga Nagari Cubadak Telah Diserahkan ke Dinsos Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Nagari Cubadak, Kabupaten Tanah Datar telah melakukan pendataan terhadap warga  masyarakat yang  terkena dampak Covid-19. Selaku Pemerintah Nagari sangatlah prihatin melihat keadaan masyarakat yang terkena dampak dari musibah virus Corona. Hal ini dilakukan sesuai Surat Edaran dan Instruksi Pemerintah dan Kementrian Sosial  Republik Indonesia (Kemensos RI).

Seluruh masyarakat  yang terkena  dampak Covid-19 didata dengan  baik dan penuh ketelitian sesuai aturan yang berlaku. Sementara bagi masyarakat yang sudah mendapat bantuan  Program Keluarga Harapan (PKH)  maka tidak bisa dimasukkan lagi ke dalam data Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19. Pendataan ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih data masyarakat yang akan menerima bantuan.

Nagari Cubadak telah mendata dan  menyetorkan 469 KK  yang sudah valid ke Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar  dan Dinas Sosial  Propinsi Sumatera Barat. ‘’Sedangkan sisanya ada sekitar lebih kurang 100 KK lagi akan dimasukkan  ke Penanganan Nagari menggunakan  Anggaran Desa,’’ jelas  Wali Nagari Cubadak Asrizallis, S.Sos, M.Pdi, MM kepada fokussumatera.com, di  ruang kerjanya, Kamis, 30 April 2020 kemaren.

Sekretaris Nagari  Zulkifli, S.Ag  menambahkan bahwa  Nagari Cubadak juga selalu melakukan koordinasi dan kumunikasi aktif dengan  para perantau, sehingga saling memberi  tahu keadaan dan situasi perkembangan virus  Corona yang terjadi. ‘’Sepanjang ini masyarakat Nagari Cubadak cukup memahami dan mengerti  baik yang di kampung maupun di perantauan,‘’ jelas  Zulkifli.

Disinggung  masalah pengerjaan Padat Karya sesuai Surat Edaran No 11 , Asrizallis menjelaskan bahwa Proyek Padat Karya tersebut  telah dikerjakan dan hampir rampung.

‘’Padat Karya telah dilakukan pengerjaannya dan sudah hampir selesai dan telah mengurangi  sebanyak 50- 60 orang dari tempat pekerjaan yang sedang dikerjakan, yaitu dia Pengerjaan Irigasi untuk pengairan persawahan  dan 2 Pengerjaan Jalan usaha tani agar memudahkan akses pertanian’’  tambahnya.

Wali Nagari beserta Sekretarisnya berharap agar hasil dari Proyek Padat Karya ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Nagari Cubadak dan dapat membantu memudahkan masyarakat dalam mengolah dan mengembangkan usaha pertanian di Nagari Cubadak. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!