May 11, 2020

Budi Syahrial Minta Pemko Padang Pangkas Prosedur Tes Swab Agar Mudah Dilakukan Warga

                                                                                                                                            11 Mei 2020
FS.Padang(SUMBAR)-Hingga kini masih banyak pedagang di Pasar raya Padang yang belum melakukan tes swab. Selain karena lokasi yang jauh dari pasar, pedagang juga disulitkan dengan prosedur pengajuan tes.

Anggota DPRD Padang, Budi Syahrial menilai, Pemko perlu memangkas jalur agar pedagang mudah melakukan tes swab. Mereka tak harus lapor ke sana kemari atau datang ke puskesmas tertentu lalu antri pula. “Kalau dipermudah, pasti pedagang itu bersedia melakukan tes,”Sebut Budi.
Pemangkasan jalur dan prosedur tes seharusnya dilakukan. Tes swab bisa saja dipindahkan ke kawasan pasar. Sehingga pedagang lebih mudah ikut.

Seperti yang diketahui, hingga kini hanya sebagian kecil pedaagng yang telah melakukan tes swab dari 1000 orang yang ditargetkan. Di puskemas Andalas misalnya,  jumlah pedagang yang telah melakukan tes swab baru 25 orang pedagang Pasar Raya Padang.

Kabag Tata Usaha Puskemas Andalas Mardia Nelisna mengatakan, umumnya yang datang ke puskesmas tersebut yaitu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang. “Tes swab telah dilakukan selama dua hari, sejauh ini kami telah melayani sekitar 25 orang, lalu ditambah dengan pegawai Dinas Perdagangan sekitar 14 orang,” ujarnya, Selasa (11/5).

Ia menambahkan, yang dipanggil untuk melakukan tes swab ini ialah pedagang yang pernah melakukan kontak dengan orang terinfeksi Covid-19. Data yang diberikan oleh DKK, selanjutnya dilakukan pemanggilan terhadap orang tersebut. Setelah itu dilakukan tes swab dan menunggu hingga ke luar hasil tesnya.

Mardia menyebutkan, saat ini Puskesmas Andalas tengah kekurangan tenaga untuk melakukan swab. Ia pun juga menjelaskan untuk, pelayanan umum dan infeksius, saat ini pelayanannya dibatasi. “Kalau seandainya sudah gawat baru kita layani, mengingat dengan kondisi seperti saat ini. Untuk pelayanan tes swab seharinya bisa kita layani sebanyak 30 orang sehari,” tukasnya. (tin/i)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!