Breaking News

Connect With us

May 24, 2020

Idul Fitri 1441 H, TPU Tanjung Agung Baturaja OKU Ramai Dikunjungi Peziarah


FS.OKU(SUMSEL)-Ziarah kubur telah menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat bulan Ramadan dan di Hari Raya Idul Fitri.

Bahkan terkadang orang untuk Ziarah kubur rela melakukan perjalanan hingga keluar kota untuk mengunjungi makam orangtua atau anggota keluarganya.

Bagi warga masyarakat Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan ziarah kubur atau Nyekar saat hari raya Idul Fitri masih terpelihara hingga saat ini. Selain bertujuan untuk mendoakan orangtua, keluarga yang telah berpulang ke Rahmatullah, juga untuk menjaga tali silaturahmi.

Walaupun Baturaja OKU terdapat banyak kasus Covid 19 dan telah menyadang Status zona merah, hari pertama hari Raya Idul Fitri 1441 hijriah, masyarakat masih tetap memadati pemakaman-pemakaman yang ada di dalam wilayah kota Baturaja. 


Seperti di Tempat Pemakaman Umum Tanjung Agung kecamatan Baturaja Barat, selesai pelaksanaan sholat idul fitri pemakaman itu mulai dipadati masyarakat lokal.

Tampak terlihat masyarakat berduyun duyun bersama sanak keluarga dan kerabat memasuki area Tempat Pemakaman Umum (TPU) dengan membawa air dan bunga untuk ditabur di atas pemakaman sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Didalam area pemakaman tampak terlihat juga masyarakat telah memenuhi pemakaman dengan berkelompok menghadapi makam masing-masing keluarga, ada juga terlihat sedang melakukan pembersihan di sekitar makam. 

“Setiap hari lebaran Idul Fitri kita ziarah ke kubur ini, tidak hanya dihari raya saja sebelum menjelang bulan Puasa dan hari raya Idul Adha kita juga ziarah. Kebetulan ini makam orang tua saya, ”kata Rudi warga stasiun Baturaja minggu (24/05/2020).

Tidak banyak ritual yang dilakukan saat berziarah, saat dipemakaman peziarah membaca surat yasin, tahlil dan berdo'a serta membersihkan pemakaman orangtua kerabat dan sanak saudara jika terdapat semak semak, rumput atau kotor makam keluarga mereka.

Sementara itu, Rahman peziarah lainnya warga Martapura OKU Selatan mengatakan, pada saat hari raya Idul Fitri, ia selalu ke Baturaja untuk berziarah ke makam kedua orang tuanya yang dimakamkan di pemakaman TPU Tanjung Agung ini.(Hermanto)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!