Breaking News

May 22, 2020

IKRAR Sedunia Rayakan Anniversary ke -7 dengan Bagi-Bagi Kupon Belanja Sembako


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Ikatan Keluarga Rao-Rao (Ikrar) Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar yang berdomisili di perantauan baik di wilayah Indonesia maupun yang berada di luar negeri yang diikat dalam tali persaudaraan Ikrar  Sedunia merayakan Milad/Anniversary  yang ke-7 tahun.

Di hari yang berbahagia ini tidak hanya sekedar kebahagiaan yang dirayakannya, namun di tengah Wabah Pandemi Covid- 19 perayaan Anniversary tersebut dirayakan sebagai ungkapan rasa syukur bahwa Ikrar Sedunia masih langeng hingga saat ini.  Ikrar juga turut merasakan dampak Wabah pandemi Corona yang dirasakan masyarakat luas, terutama warga di kampung halamannya. Untuk itu di hari jadi yang  ke-7 tahun tersebut berbagai kegiatan sosial dilakukan di antaranya pemberian kupon berbelanja sembako bagi masyarakat dan pengunjung pasar Rao-Rao.

Menurut keterangan Humas Pemda Tanah Datar, kegiatan yang bertajuk  ‘’Anniversary 7 Tahuh Ikrar Sedunia Sumarak Balai Sotu’’ tersebut  itu dihadiri langsung Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Kepala Dinas Koperindag Darfizal, Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkopimca dan Wali Nagari Rao-Rao Drs. Fahmi Muhammad. Acara digelar Rabu (20/05) kemaren di Pasar Nagari Rao-Rao .

Dones  selaku Komando Lapangan Ikrar Sedunia Rao-Rao mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang di kampung halaman terkhusus Nagari Rao-Rao yang terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

"Hari ini kita membagikan kupon berbelanja sembako gratis kepada masyarakat, jadi masyarakat terbantu dan pedagang juga terbantu pula, kita berikan kupon kepada masyarakat, nanti berbelanja di Pasar Rao-Rao kemudian pedagang akan menukarkan kupon tersebut kepada kami panitia dan kami bayarkan dengan uang tunai kepada pedagang sesuai harga masing-masing kupon dan tanpa ada pungutan sepersen pun," ucapnya.

Disampaikan Dones, ada sebanyak 20 jenis kebutuhan bahan pokok yang dapat ditukarkan kepada pedagang dengan jumlah kupon yang dibagikan mencapai 1.350 kupon. 


"Pembagian kupon ini kita lakukan sehari sebelum hari pasar dan pada saat hari pasar kami pantau transaksi di pasar dan sekaligus menunggu pedagang yang akan menukar kupon dengan uang di posko," tambahnya.

Untuk harga masing-masing kupon disampaikan Dones bervariasi mulai dari harga Rp.5.000,- hingga Rp.45.000,-.  Sementara untuk kegitan sosial lainnya , juga ada pasar pabukoan dengan sistim pembagian kupon juga dan untuk hari Jum'at menjelang lebaran ada kegiatan pemotongan sapi dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat.  

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma usai membagikan kupon belanja sembako Ikrar  Sedunia ini sampaikan apresiasi dan puji aksi sosial Ikrar Sedunia yang telah peduli terhadap masyarakat di kampung halaman khususnya Nagari Rao-Rao. Karena menurut Wabup kepedulian perantau terhadap kampung halaman sangat berperan untuk kemajuan di Daerah.

"Cukup banyak bakti sosial yang dilakukan Ikrar, sebelum ini juga telah diberikan bantuan berupa APD (masker) kepada masyarakat, hal ini bukti nyata kepedulian yang patut kita tiru, dan kepedulian terhadap satu nagari saja sudah merupakan kepedulian kepada daerah, mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah, bantuan perantau sangat mendukung percepatan kemajuan pembangunan daerah, "ucap Wabup.

Disampaikan juga oleh Wabup Zuldafri Darma tiga bulan terakhir ini, Ikrar Sedunia maupun BPIKRAR sudah berkontribusi bagi Nagari Rao-Rao  mencapai Rp.600 juta, ada yang berupa APD untuk puskesmas (baju Hazmat, Thermogun),  dan masker untuk masyarakat.

Selain itu BPIKRAR juga memberikan beasiswa pendidikan rutin bagi anak-anak di Nagari Rao-Rao setiap bulannya sebesar Rp.28 juta untuk 75 orang pelajar mulai tingkat SD, SMP, SLTA dan Mahasiswa dan itu sudah berjalan selama tiga tahun.

Terkait peningkatan kesadaran masyarakat pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Wabup terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menjaga kebersihan, hindari kerumunan dan memakai masker jika keluar rumah. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!