May 2, 2020

Kondisi Jalan Kabupaten di Nagari Atar, Tanah Datar Memprihatinkan


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam era zaman yang serba maju dan canggih seperti sekarang ini, yang sering disebut oleh generasi milenial sebagai zaman "Now" sangat diperlukan faktor-faktor penunjang yang baik.

Salah satunya adalah masalah transportasi dimana volume kendaraan saat ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Hampir setiap warga masyarakat mempunyai kendaraan sendiri, minimal sepeda motor, karena semua jenis kendaraan itu dapat menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari. Ada yang dipakai buat transportasi ke tempat kerja, transportasi untuk membawa segala macam dagangan hasil pertanian dan masih banyak lagi keperluan lain.

Hal tersebut tentunya sangat memerlukan aspek-aspek keselamatan dalam menggunakan jalan raya sebagai sarana transportasi. Dalam hal ini jalan raya pun harus sesuai dengan standar jalan yang baik, sehingga dapat digunakan secara maksimal sebagai sarana transportasi .

Namun sangat disayangkan, kondisi jalan raya masih banyak yang mengalami kerusakan dan seolah-olah tidak ada perhatian dari pihak terkait.

Seperti halnya yang dikeluhkan oleh Wali Nagari Atar, Halyu Pardi. Kondisi Jalan  Kabupaten di Kenagarian Atar, Kabupaten Tanah Datar cukup memprihatinkan .

Menurut keterangan  Halyu Pardi, Jalan Kabupaten di Kenagarian Atar  memang terdapat di beberapa ruas jalan yang rusak parah dan berlobang besar termasuk tanah yang menimbun  badan jalan.


"Kondisi ini sangat memprihatinkan sehingga sangat licin disaat hujan mengguyur yang menyebabkan para pengguna jalan merasa ngeri pada saat melintasi jalan tersebut,’’jelas Halyu Pardi pada fokussumatera.com, Jumat, 01 Mei 2020.

Halyu Pardi berharap kedepannya ada perhatian dari Pihak terkait agar segera melakukan perbaikan pada jalan di Kenagarian Atar tersebut, sehingga akses transportasi berjalan lancar.

’’Dan yang terpenting para pengguna jalan merasa aman dan nyaman saat melintasi jalan tersebut, serta tidak perlu takut dan was-was akan terjadi kecelakaan dalam berkendara,’’ tambahnya.

Sementara terkait hal tersebut, Jasmadi ,ST  selaku tokoh yang dipercaya masyarakat Atar untuk memawiki  di DPRD Tanah Datar mengatakan bahwa sudah memberi tahu pihak terkait agar bisa memperbaiki Jalan Kabupaten yang rusak di Kenagarian Atar yang sudah lama dalam keadaan tak layak buat kenyamanan pengguna jalan.

‘’Namun sampai sekarang nampaknya belum juga ada perbaikan dan pemeliharaan yang terlihat dilakukan,‘’ jelasnya.

Sedangkan masyarakat yang dijumpai pada saat melewati jalan menuju Balai Jum’at Atar sangat menyayangkan keadaan jalan Kabupaten di Nagari mereka dibiarkan rusak dan seperti tidak  diperhatikan.

’’Padahal jalan ini juga salah satu jalan alternatif penghubung  Kabupaten Tanah Datar dengan Kota Sawahlunto yaitu Nagari Atar dan Desa Kumbayau’’ katanya penuh kesal.

‘’Ya...selaku masyarakat pastinya berharap ada perhatian dari pemerintah melalui pihak terkait, untuk mengadakan perbaikan/atau pemeliharaan jalan yang rusak, tidak hanya di Nagari Atar, tetapi juga di tempat lain. Karena jalan sangat  penting untuk kelancaran transportasi dan juga mendukung kemajuan suatu daerah’’ pungkasnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!