May 11, 2020

Peduli DampakCovid-19, IMAPA Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Nagari Pasie Laweh Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dampak Covid-19 telah meluas dan dirasakan oleh masyarakat di berbagai daerah. Selain dampak bagi dunia kesehatan, wabah Virus Corona ini juga telah menimbulkan dampak di bidang ekonomi bagi masyarakat. Telah banyak sendi-sendi perekonimian yang terganggu bahkan harus nyaris terhenti akibat adanya kebijakan-kebijakan percepatan penanganan Covid-19. 

Banyak profesi-profesi yang terpaksa harus menghentikan aktivitasnya seperti para pedagang, pengusaha rumah makan dan masih banyak profesi-profesi lainnya. Namun semua itu harus dilakukan demi masyarakat terbebas dan terhindar dari terpapar Virus Corona yang berbahaya.

Peduli  dampak Covid-19 tersebut, Ikatan Mahasiswa Pasie Laweh (IMAPA) membuat suatu program kegiatan "Dari Kita Untuk Kita". Hal tersebut merupakan kepedulian IMAPA terhadap masyarakat di nagari mereka yaitu Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. 

Dalam kegiatan tersebut IMAPAmenyalurkan bantuan dari masyarakat Nagari Pasie Laweh yang ada di kampung ataupun di perantauan. Donasi yang dikumpulkan berupa uang tunai dengan yang dikirimkan oleh para relawan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI)  dan Bank Mandiri. Kemudian Dana yang sudah terkumpul dibelikan sembako untuk disalukan kepada masyarakat.Sembako yang disalurkan adalah berupa Beras 5  kg, Minyak Goreng 2 ltr dan telor 10 butir.

Kegiatan Tahap I ini telah disalurkan pada  Sabtu, 09 Mei 2020 dengan kategori untuk Lansia dan Fakir Miskin Yang ada di nagari Pasie Laweh. Msyarakat yang menerima bantuan  terdiri dari 10 orang atau KK /Jorong  dan untuk tahap ke II Insya Allah akan di salurkan lagi minggu depan.

Terkait hal tersebut Wali Nagari Pasie Laweh Mukhtar Kiman saat dikonfirmasi fokussumatera.com via pesan WhatsApp Senin, 11 Mei 2020 membenarkan adanya kegiatan yang dilakukan oleh IMAPA tersebut.

Mukhtar Kiman juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepedulian dan kreativitas anak Nagari Pasie Laweh yang telah berinisiatif untuk memnbantu masyarakat yang terkena dampak Virus Corona.


‘’Atas nama Pemerintah Nagari saya mengcapkan banyak terima kasih kepada IMAPA, yang telah mengupayakan bantuan untuk masyarakat kami, semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadi ladang pahala bagi kita semua’’ ujar Mukhtar Kiman.

Mukhtar Kiman juga mengatakan selain bantuan dari para relawan, masyarakat Nagari Pasie laweh juga akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah baik Pusat, Provinsi, Kabupaten juga dari Nagari yang dianggarkan melalui dana ADD.

‘’Begitu bantuan itu sampai ke Nagari, kami Pemnag akan segera menyalurkannya kepada masyarakat kami yang telah terdata sebbagai penerima bantuan’’ tambahnya.

Mukhtar Kiman juga tak lupa berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan tetap berada di rumah, mematuhi himbauan-himbauan Pemerintah agar terhindar dari bahaya Virus Corona. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!