May 7, 2020

Peringati Kelahiran Pancasila ke 75, PKP UNP Gelar Lomba Pidato Ala Bung Karno


FS.Padang(SUMBAR)-Dalam rangka memperingati 75 tahun kelahiran Pancasila, Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun solidaritas sosial kebangsaan menghadapi Pandemi Covid-19, Pusat Kajian Pancasila (PKP) Universitas Negeri Padang (UNP) menginiaiasi perlombaan Video Animasi, pidato ala Bung Karno dan penulisan essay.

Ketua Panitia Dr. Junaidi Indrawadi, M.Pd mengatakan pendaftaran mulai 2 sampai dengan 25 Mei 2020  sedangkan tahapan penilaian oleh dewan juri 26 sampai dengan 30 Mei 2020. "Pengumuman pemenang tanggal 1 Juni 2020 melalui website: pkpancasila.unp.ac," ujar Junaidi kepada Humas UNP, Selasa (5/5) kemaren.

Dr. Junaidi Indrawadi, M.Pd, yang juga Ketua PKP UNP menjelaskan lomba terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif Program D-3 dan S-1 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya atau Gratis. 

Peserta mengikuti lomba secara individu dan hanya diperbolehkan mengikuti satu jenis perlombaan. Video animasi, naskah pidato dan essay ilmiah merupakan hasil karya original peserta, dan belum pernah dipublikasikan di media manapun serta dalam bentuk apapun. Jika ditemukan adanya kecurangan/plagiarisme maka peserta akan dianulir.

Dr. Junaidi Indrawadi, M.Pd

"Setiap hasil karya tidak mengandung unsur pornografi, isu SARA, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan Pancasila dan setiap hasil karya harus mencerminkan karakter dan nilai-nilai luhur Pancasila," tambah Junaidi.

Ketentuan khusus lomba untuk video animasi temanya adalah Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Suasana Pandemi Covid19. Video dibuat dengan durasi 7 sampai 10 menit dan diawali dengan tampilan perkenalan peserta dan tujuan pembuatan video, kriteria yang dinilai kesesuaian substansi video dengan tema, desain grafis, kreatifitas dan inovasi.

"Untuk lomba Pidato ala Bung Karno, temanya Refleksi 75 Tahun Pancasila berdurasi 7 sampai 10 menit," ujar dosen FIS UNP ini.

Lomba essay tema yang diusung adalah Pancasila dalam Perspektif Generasi Milenial. Naskah terdiri dari 3 bagian (pendahuluan-isi-penutup), Naskah ditulis dengan panjang 2000-3000 kata.

Terakhir Dr. Junaidi menyampaikan Pendaftaran melalui http://bit.ly/2z3RIYs sedangkan juknis perlombaan dapat di unduh melalui website pkpancasila.unp.ac.id.(dan/humas UNP)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!