Breaking News

May 6, 2020

Relawan PMI Tanah Datar Ikuti Pembekalan dan Pelatihan Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Demi mengantisipasi keamanan  penanganan pasien meninggal suspect Covid-19, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Datar mengikuti Pembekalan dan Pelatihan Simulasi Penanganan Jenazah akibat terpapar virus Corona atau diduga memiliki gejala mirip Covid-19 dengan mengacu protokol kesehatan.

Menurut keterangan Humas Pemda Tanah Datar, Pembekalan dan  Pelatihan Simulasi ini dilaksanakan, Selasa (05/05)  kemaren di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Pembekalan bagi relawan yang dilaksanakan  ini mulai dari proses serah terima jenazah dari pihak Rumah Sakit hingga proses pemakaman, dan juga jika ada ODP atau PDP yang meninggal dan setelah adanya persetujuan keluarga dan sesuai protokol Covid-19, maka relawan akan melakukan proses dari awal hingga ke pemakaman.

Kepala Markas PMI Tanah Datar Ungadi yang sekaligus juga merupakan Koordinator Relawan Gugus Tugas dalam penanganan dan penyelenggaraan jenazah ini mengatakan, simulasi dan pembekalan ini juga termasuk bagaimana cara memakai APD lengkap mulai dari baju hazmat, masker, penutup kepala, kaca mata, sarung tangan, sepatu boots dan kelengkapan lainnya.


"Pembekalan dan simulasi ini dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit (RS) dan juga dari rohaniawan Islam, untuk APD kita memakai level 3 dan semuanya lengkap," ucapnya.

Ungadi juga katakan untuk tim penyelenggaraan jenazah hingga pemakaman ini terdiri dari lima orang yang bertugas dari proses  penyelenggaraan hingga pamakaman.

Diharapkan dengan adanya Pembekalan dan Pelatihan Simulasi ini dapat menjadi bekal dan pngetahuan para Relawan Covid-19  Kabupaten Tanah Datar, sehingga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan aman sesuai dengan prosedur dan protokol Covid-19 .(Z.Z/F)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!