May 18, 2020

Wako Sawahlunto Minta Seluruh Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kota Sawahlunto Kondisikan Warganya untuk Lakukan Tes Swab


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Peningkatan Kasus Positif  Covid-19 di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Barat  sudah ada kasus yang Positif . Data yang tercaat hingga Jum’at, 15 Mei 2020 telah ada sebanyak  393 orang positif dengan kasus meninggal sebanyak 21 orang. Kasus positif tersebut sudah tersebar di 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat (Zona Merah) dan hanya 3 Kabupaten/Kota saja yang belum ada kasus positif atau masih Zona Hijau yaitu Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto.

Sehubungan dengan hal tersebut untuk daerah yang termasuk Zona Hijau diperlukan adanya  pemerikasaan Spesimen Swab Massal yang bertujuan mencegah penyebaran penularan Covid-19. 

Terkait hal tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH sekaligus sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto meminta Camat, Kepala Desa dan Lura se-Kota Sawahlunto untuk dapat mengkondisikan warganya untuk hadir mengikuti Tes Swab yang dilaksanakan mulai hari Minggu s/d Rabu, 17 s/d 20 Mei 2020 mendatang.

Himbauan tersebut dituangkan dalam Surat Gugus Tugas Covid 19 Kota Sawahlunto No  : 360/27/GUSTUS/COVID19/SWL-2020 tentang Pengambilan Spesimen Massal  dalam rangka Waspada Covid-19 di Kota Sawahlunto, tertanggal 16 Mei 2020. 

Dijelaskan Walikota Deri Asta pengambilan sampel tersebut bertujuan untuk membuktikan dan meminimalisir  bahwa Kota Sawahlunto berstatus Zona Hijau, dengan harapan masyarakat Kota Sawahlunto dapat melaksanakan Sholat Idul Fitri 1441 H dengan protokol kesehatan waspada Covid-19.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan Tes Swab akan dimulai pada hari ini, Minggu, 17 Mei 2020 dan beraskhir hari Rabu, 20 Mei 2020 mendatang dengan jumlah sampel sebanyak 1.600 spesimen yang tersebar  di 4 Kecamatan  (27 Desa dan 10 Kelurahan) yang ada di Kota Sawahlunto dengan rincian  : untuk Kecamatan Baringin 400 sampel yang terdiri Wilker Sei Durian 200 dan Wilker Pusk Kolok 200, Kecamatan Silungkang 300 Sampel, Kecamatan Lembah Segar 400 sampel masing-masing Wilker Pusk Lunto 150 dan Wilker Pusk Kp.Teleng 250 serta Kecamatan Talawi 500 sampel.

Pengambilan Tes Swab dilaksanakan di Karantina Balai Diklat Tambang Bawah Tanah  (BDTBT) di Sungai Durian Kota Sawahlunto dimulai Pukul  10.00 WIB s/d selesai.

Walikota Deri Asta berharap agar masyarakat dengan penuh kesadaran bersedia hadir untuk melakukan Tes Swab, karena hal tersebut demi kebaikan seluruh masyarakat   Kota Sawahlunto dan sangat menentukan langkah yang akan diambil ke depannya dalam upaya Penanganan Pandemi Covid-19.

‘’Ini sangat penting karena hasilnya nanti akan dilaporkan kepada Bapak Gubernur dan Forkopimda, sehingga dapat diambil langkah-langkah selanjutnya’’ jelas Deri Asta. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!