May 15, 2020

Walikota Sawahlunto Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Kita tidak pernah tahu dan tidak bisa memastikan kapan Pandemi Covid-19 akan berakhir dari bumi ini. Namun yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha dan berdo’a agar terlindungi dari virus yang berbahaya dan mematikan ini dan memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu agar Pandemi Virus Corona segera enyah dari bumi ini.

Meskipun Pemerintah telah berupaya mengupayakan bantuan-bantuan untuk masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19, sebagai masyarakat kita juga dituntut harus bisa kreatif dan inovatif dalam menyikapi permasalahan ekonomi khususnya bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber penambah penghasilan atau minimal kebutuhan keluarga kita sendiri.

Untuk itu Walikota Sawahlunto Deri Asta mengajak masyarakat Kota Sawahlunto untuk mengoptimalkan lahan pekarangan rumah dengan menanam tanaman produktif guna menjaga ketersediaan pangan lokal.

"Kita mengajak masyarakat untuk  mengoptimalkan lahan pekarangan untuk menjaga ketersediaan pangan keluarga di masyarakat," kata Walikota Deri Asta, Kamis  14 Mei 2020 kemaren.

Dikatakannya, optimal lahan pekarangan bisa ditanami dengan sayur dan buah. Sedangkan peternakan bisa dengan beternak ayam, itik dan budidaya ikan.

Dikemukakan Walikota Deri Asta,  komoditi pertanian lain yang sudah ditanam di pekarangan, ladang dan kebun agar tetap dipelihara serta dirawat supaya dapat menjadi sumber pendapatan atau minimal dapat membantu kebutuhan bagi keluarga kita sendiri sehari-hari. Karena Pandemi Covid-19 yang terjadi kini belum pasti kapan akan berakhirnya.

"Kita mengapresiasi aktifitas menanam yang dilakukan petani di bulan puasa ini. Kita minta pada petani mencadangkan hasil panen, terutama padi agar tidak menjual semua, dan dijadikan untuk konsumsi rumah tangga serta kebutuhan masyarakat Sawahlunto," ujar Deri.

‘’Tentunya semua ini tak terlepas dari motivasi Dinas Ketahanan Pangan , Pertanian dan Perikanan. Diharapkan, kebutuhan pangan di Kota Arang selalu tersedia’’ pungkasnya.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!