Breaking News

May 18, 2020

Wilayah Zona Merah Dihimbau Sholat Idul Fitri Dilakukan di Rumah Saja


FS.OKU(SUMSEL)-Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengikuti rapat koordinasi bersama Menkopolhukam RI beserta para menteri terkait lainnya melaui Video Conference di Sumsel Command Center, membahas penegakan protokol kesehatan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1441 H bersama Menkopolhukam RI, Senin (18/5/2020).

Acara rakor tersebut selain di ikuti Gubernur Sumsel juga diikuti Forkopimda Provinsi Sumsel Hadir langsung Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel IRJEN POL PROF. DR. Eko Indra Heri S., M.M., dan  Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, pemerintah menghimbau agar sholat Idul Fitri dilakukan di rumah masing masing namun dapat menimbulkan permasalahan sosial oleh sebab itu diharapkan dari pemerintah berusaha meyakinkan masyarakat agar melaksana sholat idul fitri di rumah.


"Untuk itu pemda diharapkan dapat melakukan antisipasi adanya sekelompok orang yang memaksakan diri tetap melaksanakan sholat bersama," ungkapnya.

“Pemerintah pusat dan daerah akan bergandengan tangan dengan tokoh masyakat, tokoh-tokoh organisasi keagamaan dan tokoh adat, untuk meyakinkan bahwa ibadah masif yang sifatnya sunah sebaiknya dihindari untuk melaksanakan yang lebih wajib yaitu menghindari penyakit. Kaum muslimin diminta dengan sangat untuk salat Idulfitri di rumah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” Tambah Mahfud MD.

Bagi warga yang tetap melaksanakan salat Idulfitri di masjid atau lapangan, harus dilakukan protokol kesehatan secara ketat, dan diusahakan agar salat Idulfitiri itu hanya terjadi di zona hijau.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya menghimbau agar pemda melakukan komunikasi kepada tokoh agama dan ulama di daerah masing-masing untuk menyatukan persepsi terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri.

"Imbauan melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah ini diutamakan lagi bagi daerah yang berstatus zona merah," tegasnya.

Rakor Gubernur Sumsel bersama Menkopolhukam ini, dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Mirwansyah, SKM., MKM., Kepala Dinas Kominfo H. Achmad Rizwan, S. STP, MM., dan Ka. Pelaksana BPBD Sumsel H. Iriansyah., S.Sos., SKM, M.Kes. (Hermanto)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!