Breaking News

June 30, 2020

BAZNas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Masuk PTN


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagaimana diamanatkan dalam Konstitusi NKRI yaitu UUD 1945 dan Amandemennya  yang menyatakan :  (1)Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah  wajib mbiayainya, (3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang, (4)  Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional dan (5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia, maka pendidikan sangatlah penting dan dibutuhkan bagi kelangsungan masa depan Generasi Muda, Bangsa dan Negara. 

Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap Dunia Pendidikan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebesar 638,25 Juta rupiah. 

Menurut keterangan Humas Tanah Datar, Bantuan Pendidikan tersebut diserahkan langsung  oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma SH, didampingi Ketua I Baznas Tanah Datar Abrar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Bagian Kesra Afrizon,  di Aula Kantor Bupati, Pagaruyung, Senin, 29 Juni 2020.

Ketua I Baznas Tanah Datar Abrar menyampaikan sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai program bantuan di bidang Pendidikan, Kesehatan, Kemanusian dan Ekonomi. “Untuk bantuan pendidikan hari  ini disalurkan  sebesar Rp 638.250.000 untuk 333 orang yang lulus diterima di PTN ” sampai Abrar.

Abrar menambahkan , ‘’Berhubung pada saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, untuk penyerahan dilakukan dua gelombang pada tahap awal ini diserahkan kepada 150 orang penerima dan gelombang kedua sisanya diserahkan di gedung serbaguna Kecamatan Lima Kaum besok Selasa (30/6)’’.

Di kesempatan tersebut Abrar juga sampaikan ucapan terima kasih dan  mengapresiasi Pemerintah Daerah yang telah mengimbau ASN, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulan zakat tidak hanya gaji tetapi tunjangan lain yang diterima.

“Kepada anak-anak diharapkan untuk selalu mendoakan para pemberi zakat (Muzaki) untuk selalu sehat dan sukses agar dapat kembali memberikan zakatnya” pungkas Abrar.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma di kesempatan itu kembali menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan slogan ‘’Tidak ada anak Tanah Datar yang tidak kuliah dengan alasan tidak ada biaya’’.

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya, program ini kita yakini tidak hanya sekedar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya” ucap Wabup.

“Tanah Datar tidak memiliki Sumber Daya Mineral yang melimpah, melalui SDM inilah yang diharapkan bisa memajukan kesejahteraan masyarakat dan anak-anak inilah yang akan menjadi modal yang dapat diandalkan sepanjang masa”  tambah Wabup.

Kepada penerima bantuan Wabup berpesan, ‘’ Kepada anak-anak manfaatkanlah bantuan ini dengan baik, kuliahlah dengan tekun, tekadkan di hati untuk belajar meraih impian atau cita-cita, sayangi orang tua dan jangan lupakan shalat di manapun kuliah nantinya’’.

Wabup tambahkan, selama melaksanakan perkuliahan di manapun untuk menjaga nama baik Kabupaten  Tanah Datar yang berdasarkan ABS-SBK.

“Insya Allah kalau sudah dilakukan dengan baik, setelah tamat akan sukses, bahkan bisa menggantikan kita-kita yang memimpin Tanah Datar saat ini” sampai Wabup motivasi anak-anak penerima zakat. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!