June 21, 2020

Deri Asta, SH Turun Langsung Bantu Goro Massal Jalan Setapak di Pasa Unan, Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Sebagai seorang pemimpin masyarakat, Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan selalu berupaya cepat tanggap dengan situasi dan keadaan yang berkembang di tengah-tengah warganya.Tidak tanggung-tanggung, kali ini Deri Asta terjun langsung membantu masyarakat  Pasa Unan, Dusun Tapian Ambar, Desa Talawi Mudik,  Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto  melakukan Gotong Royong   (Goro) masal membersihkan jalanan setapak sepanjang lahan pertanian Warga, Minggu pagi , 21 Juni 2020.

Deri Asta melakukan pembersihan semak belukar yang menutupi jalanan menuju lahan pertanian. Menurutnya jalan tersebut adalah jalan utama yang dilalui warga untuk bertani. " Disini selain Goro kita juga akan melihat sumber irigasi yang akan digunakan untuk mengairi lahan pertanian Pasa Unan, " ujarnya. 

Deri Asta juga mengatakan ‘’seperti yang kita lihat akses jalan ke lokasi ini kurang representatif sehingga menyulitkan mobilisasi warga dalam berusaha tani. Tugas Pemerintah saat ini memastikan pengairan sawah lancar sebab di Kota Sawahlunto cuma baru 40 persen yang ada irigasi, selebihnya 60 persen sawah tadah hujan’’.

Disamping itu Deri juga menginformasikan bahwa tiap tahun ada pembagian bibit, seperti manggis dan pinang Batara.

"Setelah diadakan penelitian maka lokasi tanah kita ini bagus untuk penanaman Pinang Batara dan Manggis.  Bibit tersebut tersedia di Dinas Pertanian. Untuk Pinang Batara ini usia priduktifnya rendah 2,5 tahun sudah berbuah bisa dipanen, buahnya lebat dan berat, karena pinang ukurannya berat pada saat ditimbang. Untuk Manggis juga cocok.  Jadi lahan yang tidak produktif bisa ditanami dua bibit tersebut, selain komersil  bisa dipanen berkali- kali sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Sawahlunto," jelasnya.

Terkait jalan yang panjangnya 4 Km  dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua akan Deri Asta mengatakan bahwa Pihak Pemko akan memasukan ke anggaran perencanaan ke pusat tahun 2021.

Menurut Deri, akses jalan tersebut anggarannya cukup besar sekitar Rp. 40 milyar diluar kemampuan Pemko. Deri berpesan bila anggaran untuk jalan ini telah diperoleh maka masyarakat jangan mempersulit dalam pemberian lahan untuk jalan tersebut. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!