Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Tinjau Kesiapan Sektor Pariwisata Tanah Datar - Fokussumatera

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Tinjau Kesiapan Sektor Pariwisata Tanah Datar

Share This

FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam masa penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid 19, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama rombongan, Minggu (14/6) kunjungi objek wisata Istano Basa Pagaruyung. Selain Istano Basa Pagaruyung rombongan juga mengunjungi rumah makan Aroma serta Hotel Emersia.

Menurut informasi Humas Pemda Tanah Datar, kedatangan Gubernur Irwan Prayitno ke Tanah Datar ini dalam rangka melihat langsung kesiapan objek wisata, rumah makan dan hotel dalam menerapkan protokol kesehatan selama masa penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid 19 (TNBPAC). Adapun yang harus disiapkan di antaranya fasilitas tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, himbauan wajib menggunakan masker selama berada di objek wisata serta tetap menjaga jarak dan menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Kedatangan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkompinda, Asisten Ekobang Edi Susanto, Kadis Parpora Abdul Hakim dan beberapa OPD terkait.

Di sela-sela kunjungannya Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan harapannnya agar pariwisata di Sumatera Barat secara umum tetap berkembang dengan baik dan melaksanakan kegiatan-kegiatan produktif tanpa melanggar protokol kesehatan.

"Kita berharap pariwisata akan terus berkembang, semua masyarakat bisa mengunjungi obyek wisata tapi tetap melaksanakan Protokol kesehatan, kehidupan ekonomi bisa berjalan dengan membuka kembali semua obyek wisata untuk produktif lagi dengan mengundang masyarakat untuk berwisata ke Sumatra Barat," kata Irwan Prayitno.

Gubernur juga mengatakan Covid-19 memang tidak bisa spontan dihilangkan, tapi setidaknya kita sudah bisa mengendalikannya dengan menerapkan himbauan pemerintah dengan tetap menggunakan masker, bergaya hidup bersih serta terus menerapkan sosial distancing dan menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Sementara itu Sekretaris Daerah Irwandi mengatakan kedatangan gubernur ke Tanah Datar diharapkan bisa memberikan dukungan untuk memulihkan kembali kepariwisataan dan perekonomian masyarakat.

"Kita berharap dengan adanya kunjungan Pak gubernur bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus memberikan dorongan kepada pelaku usaha dalam menerapkan protokol covid-19 dimasing-masing unit usaha mereka," kata Irwandi.

Sementara Kepala Dinas Parpora Abdul Hakim, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Tanah Datar berkerjasama dengan para pelaku usaha baik pariwara, rumah makan dan restoran maupun perhotelan siap melaksanakan protokol kesehatan baik itu di objek-objek wisata, rumah makan dan restoran bahkan hotel.

"Dengan adanya kunjungan gubernur harapan kita, lima objek wisata yang telah kita buka dan telah memenuhi standar protokol kesehatan sudah bisa kita promosikan kembali ke masyarakat luas," ujarnya.

"Iya, untuk tahap awal ini kita baru membuka lima lokasi obyek wisata yaitu, Istano Pagaruyung, Tanjung Mutiara, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, dan Nagari Tuo Pariangan. Kelima objek wisata ini sudah kita pantau dan sudah memenuhi SOP," tambah Abdul Hakim.

Terkait obyek wisata lain di Tanah Datar menurut Abdul Hakim dalam waktu dekat ini juga akan segera dibuka kembali. "Kalau tidak ada lagi permasalahan dan sudah sesuai dengan standar paling lambat akhir bulan Juni ini kita akan buka semuanya," pungkasnya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

.