Breaking News

June 16, 2020

Kasus Perselingkuhan ASN KPU di Sumbar Menunggu Keputusan KPU Pusat


FS.Sijunjung(SUMBAR)-Kasus perselingkuhan antara "M" (perempuan) staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung dengan "R" (laki-laki) staf KPU Provinsi Sumatera Barat hingga melahirkan seorang bayi sampai saat ini masih menunggu keputusan dari KPU Pusat.

Afiyandri SH, salah seorang penggiat hukum di Sumatera Barat mengapresiasi upaya suami dari M dalam mencari keadilan hukum pada kasus yang menimpanya.

Kasat Reskrim Polres Sijunjung, Fetrizal, SH

"Saya mengapresiasi sikap gigih suami dari M dalam mencari keadilan hukum pada kasus yang menimpanya" ungkap Afi di Sijunjung pada media ini (11/06/2020).

"Lebih lanjut Afi menjelaskan, dari hasil penyidikan, sebagaimana yang dijelaskan Kasat Reskrim Polres Kabupaten Sijunjung Fetrizal, SH dinyatakan bahwa keDua telapor (R dan M) benar telah melakukan perselingkuhan hingga M hamil dan melahirkan seorang anak"

"Dan secara hukum, sesungguhnya pernyataan tertulis hasil penyidikan ini cukup menjadi bukti bagi suami M dalam melanjutkan perjuangannya dalam melaporkan pelanggaran PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan "R dan M" ke institusinya yakni KPU Pusat" jelas Afi.

Sementara, suami sah dari M, telah melaporkan perbuatan istrinya ke Kepolisian Resort (Polres) Sijunjung pada Tanggal 28 Januari 2020 lalu. Pasal yang dilaporkan suami M yaitu pasal 284 KUHP tentang perzinahan yang melibatkan suami - istri.

Kasat Reskrim Polres Sijunjung, Fetrizal. S saat dikonfirmasi media ini mengatakan, membenarkan adanya laporan yang masuk atas kasus perzinahan antara M dan R pada Januari 2020 lalu. Namun setelah kasus tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sijunjung, pihak kejaksaan menolak karena kasus tersebut sudah melewati batas waktu yaitu Enam bulan sebagaimana diatur dalam pasal 74 ayat 1 KUHP.

"Kasus tersebut sudah kami limpahkan ke Kejaksaan Negeri Sijunjung, namun Pihak kejaksaan menolak memproses kasus tersebut dan mengembalikan berkas perkaranya karena batas waktu kasus tersebut dilaporkan sudah lewat dari Enam bulan," ujar Fetrizal, Kamis (11/06/2020) di ruang kerjanya.

Kasi Pidum Kejari Sijunjung, Limra Mesdi, SH

Selanjutnya, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Sijunjung Limra Mesdi, SH didampingi Jaksa Fungsional, Reni Novita saat ditanyai, Kamis (11/06/2020) diruang kerjanya membenarkan berkas kasus perselingkuhan M dan R ditolak dan sudah dikembalikan ke penyidik pada tanggal 03 Juni 2020.

"Setelah berkasnya kami teliti ternyata suami M melaporkan kasus tersebut pada Januari 2020, sementara suami M mengetehui perbuatan istrinya tersebut sejak November 2018, artinya sudah melewati batas waktu pelaporan. Oleh karena itu atas dasar hukum, berkas tersebut tidak bisa diproses sebagaimana diatur dalam pasal 74 ayat 1 KUHP yang berbunyi, bahwa pengaduan hanya dapat dilakukan dalam waktu enam bulan sejak orang yang berhak mengadu mengetahui adanya kejahatan, jika bertempat tinggal di Indonesia, atau dalam waktu sembilan bulan jika bertempat tinggal di luar Indonesia," terangnya.

Sekretaris KPU Sijunjung, Irzal 

Secara terpisah, Sekretaris KPU Sijunjung, Irzal mengatakan sampai saat ini M masih bertugas seperti biasa di Kantor KPU Sijunjung. Mengenai sanksi terkait perbuatan yang mencemarkan nama baik instansi KPU yang dilakukan M, Irzal mengatakan pihak KPU Sijunjung tidak punya wewenang menjatuhkan sangsi pada M dan masih menunggu keputusan KPU Pusat.

"Kalau untuk masalah sanksi, kami tidak punya wewenang memberikan, sampai saat ini M masih bertugas seperti biasa dan keputusan KPU Pusat.(dan)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!