Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Siap Songsong ‘’New Normal’’ - Fokussumatera

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Siap Songsong ‘’New Normal’’

Share This

FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Dengan akan berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III  pada 7 Juni 2020 mendatang, Kota Sawahlunto siap memasuki era  ‘’New Normal’’.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19  saat pers realise bersama awak media, Jum'at (5/6),  bertempat di Balaikota setempat, menyampaikan bahwa PSBB tahap III ini adalah untuk evaluasi terhadap penerapan PSBB yg sudah dan sedang berlaku .

"Beberapa kabupaten/kota hampir 70 persen termasuk Sawahlunto sepakat untuk masuk new normal tapi finalnya nanti hari Minggu 7/6/2020 kita rapat dengan pemerintah provinsi . Untuk itu di perlukan sosialisasi dan persiapan langkah-langkah yang harus kita lakukan," terang Wako Deri Asta.

Pihak Pemko sudah menyiapkan beberapa regulasi dan inovasi baik di bidang pendidikan, tempat ibadah, pasar dan lain-lain. 

Pemko juga telah mengundang  seluruh pengurus masjid dan tempat Ibadah lain nya yang ada guna membahas tata cara pelaksanaan ibadah pada saat new normal nantinya.  

"Karena new normal sangat berbeda dengan PSBB, untuk PSBB kita stay at home sementara untuk new normal kita sudah bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari sebagaimana biasanya, cuma saja mesti sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19" tambahnya

Untuk dunia Pendidikan, sekolah2 nantinya  di sediakan termo gun (pemeriksa suhu tubuh) yang danany di ambil dari anggaran dana BOS. Kapasitas murid dalam satu lokal serta jam pelajaran juga akan di sesuaikan . 

Terkait tempat wisata juga akan dibuka kembali dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan sesuai Standar Operasional (SOP) Covid-19. 

"Aktivitas pasar pun juga akan di lakukan inovasi walaupun sudah dimulai cuma pelaksanaannya akan semakin di perketat.

Sesuai petunjuk presiden, bahwa untuk membantu pelaksanaan new normal diperintahkan kepada panglima TNI dan Polri untuk membantu pemerintah pusat dan daerah dalam penegakan regulasi atau aturan supaya menertibkan kepada masyarakat yang ada di daerah masing-masing.

"inilah langkah-langkah yang sudah dan akan di terapkan dalam rangka persiapan penerapan new normal di Kota Sawahlunto yang direncanakan pada tanggal 8/6/2020, tetapi finalnya nanti hari Minggu setelah rapat koordinasi bersama bupati/walikota dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat," pungkas Deri Asta.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

.