Breaking News

Connect With us

June 6, 2020

Meski Berpenduduk Paling Sedikit, Desa Datar Mansiang Sawahlunto Tetap Perjuangkan BLT untuk Warganya


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Desa Datar Mansiang adalah salah satu Desa yang terletak di Kota Sawahlunto, tepatnya di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Desa Datar Mansiang ini merupakan Desa dengan jumlah penduduk paling sedikit dibandingkan Desa-Desa lain yang ada di Kota Sawahlunto. Penduduk Desa Datar Mansiang terdiri dari 208 jiwa yang terbagi dalam 63 Kepala Keluarga (KK).

Meskipun berpenduduk paling sedikit, tidak menyurutkan Pemerintah Desa Datar Mansiang untuk membangun dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam hal Penanganan dan Pencegahan Pandemi  Covid-19, Desa Datar Mansiang sama dengan Desa-Desa yang lainnya yang ada di Kota Sawahlunto, tetap mematuhi Instruksi dan Himbauan Pemerintah sesuai dengan Protokol Penanganan Covid-19. Begitu juga dalam menangani dampak Covid-19, Pemerintah Desa Datar Mansiang tetap mengusahakan bantuan untuk masyarakat desa yang terdampak Covid-19, baik bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, dan Bantuan Dari Dana Desa.

Seperti yang dijelaskan Kepala Desa Datar Mansiang, Afrinal kepada fokussumatera.com, Jum’at, 05 Juni 2020 kemaren. Dijelaskannya bahwa, Pemdes Datar Mansiang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT)  yang bersumber dari Dana Desa sebanyak  18 KK, dari Kota Sawahlunto 1 KK, dari Provinsi 5 KK dan dari Kemensos sebanyak 14 KK.

‘’Jumlah penduduk keseluruhan sebanyak 208 jiwa, terbagi dalam  63 KK, dan untuk dampak Pandemi Covid-19 ini telah diberikan bantuan untuk masyarakat yaitu dari Dana Desa sebanyak  18 KK, dari Kota Sawahlunto 1 KK, dari Provinsi 5 KK dan dari Kemensos sebanyak 14 K’’ jelasnya. 

Afrinal  juga mengatakan ‘’Desa Datar Mansiang memang merupakan Desa yang berpenduduk paling sedikit dibandingkan dengan Desa/Kelurahan lain yang ada di Kota Sawahlunto.Walau begitu Desa Datar Mansiang tak kalah dalam persaingan mutu maupun Sumber Daya Alam (SDA)   dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya’’.
‘’ Selain itu kekompakan masyarakat dalam berbagai bidang ditunjukan dan bisa dilihat dalam berbagai kegiatan di Desa Datar Mansiang, ditunjang adat- istiadat dan keagamaan yang masih kental dan kuat. Hal inilah yang membuat Pemerintah Desa Datar Mansiang bisa membuat program-program  unggulan dalam kegiatan fisik maupun non fisik’’ jelas Afrinal.

Sementara Sekretaris Desa Adi Pranata menambahkan kalau masyarakat Desa Datar Mansiang kebanyakan bermata pencaharian dengan cara  bertani dan berkebun. 

‘’Hasil pertanian sepert Padi, Karet dan Kelapa menjadi prioritas di Datar Mansiang ini’’ jelas Sekdes Adi Pranata. (z.z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!