June 23, 2020

Meski Telah Dilaporkan Ke Pihak Terkait, Jalan Provinsi di Nagari Atar Tanah Datar Tak Kunjung Diperbaiki


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kondisi Jalan Provinsi di Kenagarian Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar sangat memprihatinkan. Meskipun sudah sering diekspos oleh Media, namun tak kunjung mendapat respon dari Pihak yang berwenang. Ada kekhawatiran yang muncul di tengah-tengah masyarakat, dengan kondisi jalan yang buruk tersebut akan memakan korban kecelakaan.

"Atau memang ditunggu ada korban dahulu, baru Pihak berwenng akan merespon keluhan masyarakat ini," ujar salah seorang warga yang tak mau namanya disebutkan.

Namun melihat situasi dan kondisi jalan yang seperti ini, masyarakat Nagari Atar tidak bisa tinggal diam. Tidak saja generasi muda bahkan anak-anak  pun ikut turun ke jalan melakukan aksi penambalan jalan seadanya dengan  tanah maupun pasir yang dikumpulkan di pinggir jalan bahkan di sungai yang berada di tepi jalan dengan harapan bisa sedikit memperbaiki kondisi jalan yang begitu parah, atau paling tidak bisa membuat jalan menjadi nyaman untuk dilalui masyarakat.

Menurut keterangan Wali Nagari Atar, Halyu Pardi  yang ditemui fokussumatera.com di Kantor Wali Nagari setempat Selasa siang, 23  Juni 2020 mengatakan bahwa  pihak Pemerintah Nagari sudah memberitahu pihak terkait, juga sudah menyurati dan memberikan dokumen serta foto kondisi jalan yang rusak parah di beberapa titik sepanjang Kenagarian Atar.Namun sampai saat ini belum ada respon positif tentang masalah ini.


‘’Surat ini di sampaikan ke Dinas PU Kabupaten Tanah Datar untuk bisa diteruskan ke Dinas PU Propinsi Sumbar, agar bisa diperhatikan dan dilakukan perbaikan jalan Propinsi in.Karena jalan ini merupakan jalan Provinsi jadi kewenangan ada pada Pemerintah Provinsi melalui Dinas terkait’’ jelas Halyu Pardi.

‘’Kami berharap agar segera ada tindak lanjut dari pemberitahuan yang kami sampaikan sehingga kondisi ini tidak belama-lama dan semakin membahayakan masyarakat enguna jalan’’ tambahnya.

Sedangkan Jasmadi ,ST selaku Anggota DPRD Tanah Datar  dari fraksi PAN  yang juga merupakan pribumi Atar juga telah menyampaikan kondisi  jalan Propinsi di Nagari Atar tersebut kepada sekretaris Dinas PU Propinsi Sumbar via pesan WhatsApp. 

‘’ Ini sudah saya beritahukan kepada Sekretaris Dinas PU Sumbar dan selaku  Anggota Dewan  saya sangat mengharapkan ada perhatian dari Dinas PU Propinsi terhadap jalan Propinsi yang melintasi Nagari Atar ini, karena sangat berbahaya sekali bagi pengguna jalan, bisa memakan korban terutama bagi masyarakat Nagari Atar sendiri. Termasuk jalan Propinsi ini berada di bawah rumah saya sangat rusak parah, hal ini tentu yang akan disalahkan masyarakat tentulah saya selaku Anggota Dewan, padahal jalan tersebut bukan di bawah kewenangan Kabupaten ,melainkan jalan Propinsi’’ tambah Jasmadi,ST 

Sedangkan Pengawas Lapangan Usman yang ditemui langsung di lokasi pengerjaan penggalian saluran air sepanjang bahu jalan Propinsi ini, mengatakan keterlambatan pengerjaan tentu bukan disengaja tapi disebabkan oleh keterbatasan peralatan dan mobilisasi, juga karna luasnya area jalan propinsi dalam pengawasan rayon Sijunjung .

‘’Kami semua di bawah pimpinan Bapak  Jefrianto, MT sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar semua ruas jalan di bawah pengawasan Rayon Sijunjung bisa lebih baik kondisinya, tapi apalah daya, karena luas membuat tetap ada juga jalan yang terlambat diperbaiki. Penggalian saluran air ini sepanjang 400 m ,akan selesai beberapa hari lagi, sedangkan untuk penambalan jalan yang berlobang rencana bulan Juli akan dilaksanakan kalau tidak ada halangan’’ jelas Usman.

Masyarakat tentunya berharap agar perbaikan jalan Provinsi yang rusah di sepanjang Nagari Atar segera direalisasikan oleh Pemerintah, sehingga masyarakat pengguna jalan meras aman dan nyaman tanpa adanya rasa was-was saat melalui ruas jalan tersebut.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!