Breaking News

June 9, 2020

Nagari Lubuk Jantan, Tanah Datar Bangun Jalan di Jorong Dahlia


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kenagarian Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat membangun jalan penghubung ke areal pertanian dan aktifitas masyarakat serta menghubungkan Nagari Lubuak Jantan dengan Nagari Buo. Pembangunan jalan yang terletak di Jorong Dahlia ini adalah dengan melakukan pengecoran jalan secara Gotong-Royong dengan swadaya masyarakat.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH langsung menghadiri Gotong Royong (Goro) bersama dengan masyarakat Jorong Dahlia, Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara dan Senin, 08 Juni 2020.

Menurut keterangan Humas Pemda Tanah Datar, Goro tersebut dihadiri Camat Lintau Buo Utara Zulkifli Idris, Wali Nagari Lubuak Jantan Mukhlis Rajo Hitam, Wali Jorong dan pemuka masyarakat setempat.

Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH pada kesempatan itu sampaikan apresiasi dan puji kekompakan masyarakat secara swadaya bergotong royong membangun akses jalan penghubung antar nagari dan jalan ke areal pertanian masyarakat.

"Saya apresiasi dan puji kekompakan masyarakat secara swadaya dan bergotong royong membangun akses jalan yang nantinya bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4, dan ini sangat luar biasa dan terima kasih karena masyarakat juga telah mendukung percepatan pembangunan daerah," ucapnya.

Wabup juga sebut jika semangat kegotong-royongan kian memudar, namun Ia yakin kalau di daerah perkotaan dan pedesaan hal itu masih tetap dipertahankan dan dijaga masyarakat, menurutnya semangat kegotong royongan adalah modal dan kekuatan yang luar biasa.

"Semangat gotong royong dan swadaya yang tinggi di tengah-tengah masyarakat akan membangun emosional dan kekeluargaan yang akan meningkatkan kesejahteraan bersama dan ini perlu terus kita pupuk dan bangun demi kemajuan daerah," sambung Zuldafri.

Sebelumnya Wali Nagari Lubuak Jantan Mukhlis Rajo Hitam mengatakan akses jalan Lurah Sepuluh di Jorong Dahlia sepanjang 3 km itu sudah berapa kali diperbaiki dari berbagai program pemerintah seperti PNPM, P2D, dana nagari dan swadaya masyarakat.

"Saat ini masyarakat secara bergotong royong dan swadaya memperbaiki jalan ini dengan pengecoran sepanjang 500 m, kita sangat puji kekompakan masyarakat yang saling bahu membahu dan turun tangan baik langsung ikut bergotong royong maupun menyumbang seperti semen, pasir dan kerikil,"ucapnya.

Dikatakan Wali Nagari Mukhlis perbaikan jalan ini terbagi dua yaitu untuk dilalui kendaraan roda empat dan roda dua mengingat jembatan penyeberangan di Batang Sinamar belum memadai untuk kendaraan roda empat, untuk yang bisa dilalui kendaraan roda empat hanya sampai ke lokasi areal pertanian dan aktifitas masyarakat lainnya.

Untuk bantuan disampaikan Mukhkis, dari Wakil Bupati, sebanyak 20 zak semen dan dari Anggota DPRD Tanah Datar Jon Kompol berupa pasir dan kerikil serta dari donatur lain dan sumbangan masyarakat. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!